Senin, 19 Februari 2018

Kunjungi Pasar Blega, Gus Ipul-Puti Komit Revitalisasi Pasar Rakyat di Jatim


RADARMETROPOLIS: Bangkalan - Gus Ipul maupun pasangannya, Puti Guntur Soekarno, memiliki komitmen untuk merevitalisasi pasar-pasar rakyat yang ada di Jawa Timur. Hal ini diungkapkan oleh Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat melakukan blusukan ke Pasar Rakyat Blega, Bangkalan, Senin (19/2/2018).

Dalam kunjungannya itu, Calon Gubernur Nomor Peserta 2 tersebut menyapa para pedagang Pasar Blega. Ia berdialog dan menanyakan bagaimana kondisi perekonomian para pedagang di kawasan Pulau Madura itu. Dimulai dari menanyakan besaran pendapatan harian hingga bagaimana taraf kehidupan mereka.

Para pedagang Pasar Blega dan warga antusias menyambut kedatangan Gus Ipul, bahkan tak jarang meminta untuk berselfie bersama. Gus Ipul menyalami dan berdialog satu per satu dengan warga dan pedagang. Gus Ipul sempat “menunjukkan” ketrampilannya menjahit di kios jahit yang ada di dalam pasar.

Saat bertemu pedagang pakaian, Gus Ipul membeli baju dan sabuk khas Madura dan langsung ia kenakan. Tak hanya itu, Gus Ipul juga membeli celurit dan sabit khas Madura juga sempat ia beli sebagai oleh-oleh untuk dibawa ke Surabaya.

Menurut Gus Ipul, Pasar Blega merupakan salah satu pusat perekonomian di Madura. "Kalau orang mau ke Sampang, Sumenep, dan Pamekasan, pasti lewat Pasar Blega ini," ujarnya.

Ia pun menyatakan bahwa revitalisasi pasar menjadi penting untuk dilakukan. Dengan adanya revitalisasi, tingkat penjualan pedagang diyakini dapat lebih baik. Selain itu juga menimbulkan suasana yang kondusif untuk melakukan kegiatan transaksi jual-beli.

Bahkan menurut Gus Ipul kebijakan tersebut dinilai pro perempuan. Melihat pasar menjadi tempat dimana kaum perempuan banyak beraktivitas. Hal ini bisa meningkatkan indeks pembangunan perempuan.

Namun demikian ternyata banyak pedagang yang merasa khawatir bahwa revitalisasi akan membuat pendapatan mereka menurun. Padahal, justru perbaikan pasar ini berdampak positif bagi penjualan.

"Kedatangan ini menjadi bagian kita menjalin dialog dengan pedagang dan meyakinkan mereka. Langkah ini justru dapat menaikkan penjualan mereka. Dan juga bisa bersaing," tegas Gus Ipul.


Selain itu, komitmen revitalisasi pasar tradisional tersebut sejalan dengan arah pembangunan ekonomi kerakyatan yang ditawarkan Gus Ipul-Puti untuk Jawa Timur. (ltr)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites