Jumat, 09 Februari 2018

Kunjungi Balai Pemuda, Puti Banyak Cerita tentang Sang Kakek


RADARMETROPOLIS: Surabaya - Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno, Kamis (8/2/2018) malam berkunjung ke Balai Pemuda Kota Surabaya. Dalam kesempatan ini Bakal Calon Wakil Gubernur Jatim itu banyak bercerita tentang Sang Kakek.

Kedatangan cucu pertama Bung Karno itu ditemani Wakil Walikota Surabaya Wisnu Sakti Buana, Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah, dan Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari. Kunjungan ini adalah dalam rangka menghadiri acara pameran lukisan yang diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Surabaya (DKS).

Ketika memberikan sambutan Puti banyak menceritakan tentang sejarah Presiden pertama RI, Ir. Soekarno, yang begitu mencintai kesenian. Menurutnya, selain sebagai proklamator, Bung Karno juga merupakan budayawan besar Indonesia.

Ia lalu mengungkapkan pesan ayahnya bahwa membangun itu tidak hanya berupa fisik. Tapi keindahan dan kebudayaan juga harus terbangun di dalam diri bangsa.

Puti lebih lanjut menceritakan, Bung Karno sebagai tokoh besar di tanah air selalu memfasilitasi dan mendukung kemajuan budaya. Untuk itu, tidak jarang Bung Karno dalam beberapa kesempatan juga menggelar diskusi dengan para seniman dan budayawan pada waktu.

“Cerminan sebagai seorang budayawan pada diri Bung Karno juga terlihat dalam politik yang dijalankannya. Termasuk dalam loby yang dilakukan pada waktu itu,” kata Puty.

Bung Karno memiliki teman yang begitu banyak. Karena loby yang dilakukan beretika. “Makanya, marilah kita berpolitik secara santun dan berkepribadian," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Puti juga memiliki impian Surabaya menjadi barometer kebudayaan di Jawa Timur bahkan nasional. Menurutnya Kota Pahlawan sudah memiliki modal untuk mewujudkannya. Ia pun mencontohkan keberadaan Balai Pemuda sebagai salah satu modal untuk itu.

Puti lalu menyatakan bahwa Surabaya merupakan kota satu-satunya yang memiliki gedung khusus yang diperuntukkan untuk kesenian dan kebudayaan.

"Bahkan di Jakarta juga belum ada. Kalaupun ada data pernah melihatnya di Australia," jelas Puti.

Ditanya soal potensi yang dimiliki oleh Jawa Timur, Puti menyebut cukup banyak. Mulai dari budaya, wisata hingga kekayaan yang dimiliki oleh Propinsi Jatim.

"Potensi yang ada di Jatim sangat banyak. Kalau dari segi budaya ada tari-tarian. Potensi wisatanya juga cukup bagus," tambah Bakal Calon Wakil Gubernur yang diusung oleh PDI-P, PKB, Gerindra, dan PKS itu.

Sementara Ketua DPC PDI-P Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana (WS) menambahkan bahwa Balai Pemuda memang sengaja dibuat sebagai pusat kesenian dan kebudayaan di Kota Pahlawan. Meskipun masih ada sedikit kekurangan dalam kebijakan.

"Balai Pemuda ini punya sejarah. Makanya kita akan terus berupaya untuk mengembangkannya," kata Wisnu.

Pada acara tersebut, Wisnu memborong empat lukisan yang dipamerkan. Yaitu lukisan dengan gambar Calon Gubernur Jatim,  Puti Guntur Soekarno, mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri, Presiden Pertama RI Ir Soekarno serta lukisan Presiden RI Joko Widodo.

Ketua Dewan Kesenian Surabaya (DKS) Chrisman Hadi mengaku bangga dengan kehadiran cucu Bung Karno dalam pameran lukisan kali ini. Menurutnya dalam pameran kali ini sengaja mengambil tema "tetesan darah untuk negeri".


"Kita sengaja mengambil tema ini. Bahwa kemerdekaan negeri ini merupakan jerih payah dari para pahlawan," pungkas Chrisman. (ar)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites