Minggu, 07 Oktober 2018

Emil Dardak Janji Bangun Megapolitan Gerbangkertosusilo



RADARMETROPOLIS: Gresik - Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan membangun megapolitan di wilayah Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan (Gerbangkertosusilo). Hal ini dijanjikan oleh Emil Elistianto Dardak, wakil gubernur Jawa Timur terpilih.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh mantan Bupati Trenggalek tersebut saat menghadiri wisuda sarjana XXVII Universitas Gresik (Unigres), Sabtu (6/10/2018). 

Emil selanjutnya berharap alumnus Unigres turut bergabung dalam membangun Jawa Timur. Ia melihat potensi Jawa Timur yang cukup besar berada di wilayah Gerbangkertasusila. Sebab, pembangunan suatu kota tidak dapat terlepas dari pembangunan wilayah sekitarnya.

"Pertumbuhan ekonomi satu kota akan memacu pertumbuhan ekonomi wilayah sekitarnya. Intensitas keterkaitan kota dengan wilayah sekitarnya dipengaruhi oleh adanya kesamaan lingkungan ekosistem dan topografi, infrastruktur, aliran barang dan jasa, aktivitas ekonomi, dan sebagainya," ujarnya.

Dalam pengelolaan kawasan megapolitan, semuanya harus terintegrasi. Emil tidak mau seperti Jabodetabek, yang mulanya ingin membangun megapolitan.

“Alhamdulillah, sekarang sudah mulai dibuka tol dari Depok ke Bekasi, dan dampaknya wilayah mereka mulai berkembang," ungkapnya.

Di Jawa Timur, wilayah Gerbangkertosusilo bakal menjadi megapolitan dan mendukung perekonomian Jatim, bahkan Indonesia. Karena itu, dukungan alumi Unigres yang berintegritas sangat dibutuhkan untuk membangun kawasan tersebut.

"Nyari kerja sekarang susah. Jangan salahkan sarjana dan magister tapi salahkan peluang kerja," kata Emil.

Sementara itu, Rektor Unigres, Prof Dr H Sukiyat SH MSi berharap wisudawan bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat selama menempuh pendidikan di Unigres. "Kami yakin dan percaya bahawa saudara akan berupaya meningkatkan kemampuan dan pengetahuan saudara demi menjaga nama baik almamater saudara,” pungkasnya. (sri)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites