Senin, 22 Oktober 2018

Prabowo-Sandi ke Jatim Napak Tilas Resolusi Jihad



RADARMETROPOLIS: Surabaya - Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno, bersama rombongan mengagendakan melakukan napak tilas Resolusi Jihad yang dimulai dari Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

"Dalam agenda di Jawa Timur kali ini, Pak Prabowo dan Pak Sandi akan melakukan napak tilas resolusi jihad yang diserukan KH Hasyim Asy'ari untuk melawan penjajah dan mempertahankan kedaulatan NKRI. Kegiatan tersebut dimulai dengan apel 5.000 santri di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang," kata Ketua DPP Partai Gerindra, Chusni Mubarok, Senin (22/10/2018).

Chusni dalam pernyataannya secara tertulis itu menjelaskan semangat Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno dalam mempertahankan kedaulatan NKRI sangat terinspirasi dari resolusi jihad itu. Sebab cikal bakal semangat pertempuran 10 November 1945 di Surabaya tidak terlepas dari resolusi jihad tersebut.

"Bagi Pak Prabowo dan Pak Sandi resolusi jihad merupakan tonggak perjuangan dan bagian sejarah yang tidak bisa dilepaskan dari pertempuran 10 November 1945 melawan penjajah yang kini menjadi Hari Pahlawan," kata Chusni.

Chusni lalu menjelaskan keterkaitan dua momen tersebut. Dijelaskannya, karena resolusi jihad yang diserukan KH Hasyim Asy'ari dan disambut dengan pekik semangat yang digelorakan Bung Tomo, membuat Arek-arek Suroboyo beserta para laskar santri dari berbagai daerah di tanah Jawa menjadi gagah berani melawan penjajah pada pertempuran 10 november 1945.

Chusni mengungkapkan dalam kegiatan napak tilas resolusi jihad tersebut, Prabowo dan Sandi juga akan bersilahturahmi dengan Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH Salahuddin Wahid dan berziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari.

"Setelah bersilahturahmi dengan Gus Solah, dan berziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari, Pak Prabowo dan Pak Sandi juga akan menyapa dan berdialog dengan para santri di Ponpes Tebuireng, ," papar Chusni yang juga merupakan Wasekjen Pimpinan Pusat GP Ansor itu.

Caleg DPR RI Partai Gerindra dari Dapil Malang Raya itu menambahkan bahwa Pak Prabowo dan Pak Sandi juga akan mengunjungi Ponpes Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang untuk bersilahturahmi dengan para pengurus pondok pesantren itu serta berziarah ke makam KH Bisri Syansuri yang juga merupakan seseorang ulama besar di Jawa Timur.

Setelah itu Prabowo dan Sandi juga akan melanjutkan perjalanannya ke Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang.

Di sana mereka akan melakukan ziarah ke makam pahlawan nasional sekaligus pendiri organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama, yakni KH Wahab Chasbullah yang rencananya akan didampingi putra Mbah Wahab, yakni KH Hasib Wahab Chasbullah.

"Kegiatan silaturahmi kepada para kiai dan santri serta ziarah ke makam para pejuang bangsa itu merupakan rangkaian kegiatan napak tilas resolusi jihad yang dilakukan oleh Pak Prabowo dan Pak Sandi selama di Jawa Timur. Selain itu, acara napak tilas ini juga dimeriahkan dengan pawai kendaraan Jeep dari Jombang menuju Tugu Pahlawan Surabaya sebagai simbol semangat perjuangan dan perlawanan terhadap segala bentuk penjajahan," kata Chusni. (fur)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites