Sabtu, 27 Oktober 2018

Ribuan Muslim Ponorogo Salat Istisqo di Lapangan Panahan



RADARMETROPOLIS: Ponorogo - Umat muslim Ponorogo menggelar salat istisqo di Lapangan Panahan, Jalan Suromenggolo, Sabtu (27/10/2018). Salat yang diiniasiasi oleh Muhamadiyah ini dimulai pukul 08.00 WIB sampai 08.30 WIB. lebih dari dua ribu umat muslim Ponorogo mengikuti salat minta hujan tersebut.
                                               
Ketua Pengurus Cabang Muhammadiyah Ponorogo Kota Bambang Tri Atmojo mengatakan kegiatan tersebut dilakukan karena kemarau kali ini dirasakan sangat panas dan terlampau panjang. Karena itu organisasinya mengajak semua umat muslim dan seluruh pihak untuk segera memohon ampun kepada Tuhan agar dijauhkan dari bala dan bencana.

Menurutnya salat tersebut merupakan wujud rasa keprihatinan mereka atas kondisi alam yang terjadi selama ini. Dengan salat istisqo, mereka berharap segera ada ampunan Allah dan segera mendapat pertolongan. Pertolongan berupa hujan yang segera turun dan sudah mereka nanti-nantikan selama ini.

Peserta salat istisqo kali ini adalah seluruh umat muslim di Ponorogo. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak bahkan beberapa orang balita tampak turut berada di lapangan. Bambang menyebut salat ini didukung sepenuhnya oleh seluruh lembaga dan amal usaha di bawah Muhammadiyah. Mulai dari rumah sakit, pasar swalayan hingga sekolah-sekolah. Para karyawan dan pelajar dikerahkan untuk bersama-sama berpanas-panas menundukkan kepala dan hati di hadapan ilahi.

Dalam khutbah istisqo, Khatib Istisqo Muh Mansur berpesan agar seluruh umat Islam segera introspeksi diri. Merenungkan kembali hal-hal yang telah dilakukan selama ini. Setelah itu segera memohon ampunan dan perlindungan Allah atas dosa yang sengaja atau tidak sengaja diperbuat. Lalu ditindaklanjuti dengan taubat dan menjauhi kemaksiatan yang ada.

“Mari kita meminta perlindungan Allah dan mohon ampunan atas dosa-dosa kita. Marilah kita panjatkan doa agar segera diturunkan hujan yang cukup untuk kita, untuk sumur-sumur kita. Hujan yang cukup untuk minum pepohonan kita. Juga hujan yang cukup untuk minum ternak kita. Dan, jangan sampai diturunkan hujan yang menjadi bencana,” ucap Muh Mansur dalam khotbahnya.

Selain PCM Ponorogo Kota, PCM Balong juga menggelar salat istisqo pada waktu yang hampir bersamaan. (gun)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites