Minggu, 28 Oktober 2018

GPSP Gandeng Pemkot Surabaya Kirim Bantuan Korban Gempa Bumi Sulteng



RADARMETROPOLIS: Surabaya - Gempa bumi berkekuatan 7,4 SR yang diikuti dengan tsunami yang melanda Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah, mengundang empati dari berbagai pihak. Salah satunya datang dari Gerakan Pemuda Peduli Sosial (GPSP) Kota Surabaya. Mereka ikut bergerak membantu korban bencana alam di wilayah tersebut.

GPSP merupakan komunitas yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan yang misinya menghimpun bantuan dari banyak kalangan untuk disampaikan kepada korban bencana alam. GPSP turut bergerak membantu masyarakat korban bencana alam di Palu, Sigi dan Donggala dengan program “Peduli Korban Bencana Alam Palu, Sigi, dan Donggala”.

“Setelah bergerak untuk Lombok, kami kembali bergerak untuk korban bencana alam di Palu, Sigi, dan Donggala," kata kata Valentina, Kepala Divisi Kominfo GPSP, di Surabaya, Minggu (28/10/2018).

Valen menjelaskan bahwa penyaluran bantuan melalui Pemkot Surabaya dimaksudkan untuk menjamin keamanan dan ketepatan dalam penyaluran bantuan.

Sementara itu, Bambang Hermanto, Kepala Divisi Kajian Strategis GPSP, mengatakan bahwa program bantuan donasi untuk korban bencana alam di Palu, Sigi, dan Donggala tersebut dimulai sejak 4 Oktober 2018. Kloter pertama dikirimkan Jumat (26/10/2018) dan dilanjutkan kloter kedua mulai tanggal 29 Oktober 2018 hingga 8 November 2018.

Bambang lebih jauh mengungkapkan bahwa antusiasme masyarakat, terutama warga Kota Surabaya dan daerah sekitarnya, dalam memberikan bantuan cukup tinggi.

“Bantuan yang kami salurkan berupa kebutuhan balita dan kebutuhan pokok. Ada sekitar 10 kardus seperti pampers, peralatan makan, biskuit, bahan makanan cepat saji, dan beberapa logistik lainnya," jelas Bambang.

Pemaksimalan penggunaan media sosial sangat membantu GPSP dalam penggalangan bantuan, terutama area luar Kota Surabaya. Sosialisasi dan penggalangan bantuan via media sosial yang digencarkan mampu mengumpulkan banyak bantuan dari berbagai kalangan di Surabaya dan luar Surabaya. (ar)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites