Sabtu, 27 Oktober 2018

Gus Ipul Dukung Kebijakan Jokowi Gratiskan Tol Suramadu



RADARMETROPOLIS: Surabaya - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mendukung dan menyambut baik penggratisan seratus persen tarif Tol Surabaya-Madura (Suramadu) yang akan berlaku mulai Sabtu (27/10/2018) hari ini. Hal ini akan mempercepat pembangunan di Madura.

"Saya menyambut baik kebijakan Presiden menggratiskan Suramadu. Kebijakan ini tentu kita pahami untuk mempercepat pembangunan di Madura," kata Gus Ipul kepada wartawan.

Ia lalu memaparkan bahwa data statistik menunjukkan ada kesenjangan yang cukup lebar antara Pulau Jawa dan Madura, termasuk infrastruktur dan sumber daya manusianya.

Menurutnya, selama ini memang belum ada kesepakatan bulat di antara pemerintah kabupaten di Madura dan pemerintah provinsi tentang grand design pembangunan Madura. Namun, tujuan akhirnya yaitu Madura maju. Pembangunan infrastukturnya bagus dan sumber daya manusianya juga tidak ketinggalan.

"Para ulama dan tokoh masyarakat di Madura pada prinsipnya juga mendukung percepatan kemajuan, tapi harus seiring dengan masyarakat setempat. Masyarakat Madura punya kultur dan tradisi yang kuat, sehingga semua harus seiring," ujarnya.

Untuk membangun Madura, maka keterlibatan para ulama sangat penting dilakukan. Antarkabupaten di Madura juga harus duduk bersama merumuskan grand design pembangunan ini. Masyarakat juga harus ikut diberdayakan, sehingga warga Madura bisa ikut menikmati kemajuan pembangunan.

Gus Ipul mengatakan, saat ini ada dua hal yang masih menjadi pertanyaan masyarakat yakni tentang keamanan jembatan pasca penggratisan serta keraguan investor masuk Madura.

Terkait keamanan, tentunya bisa segera diselesaikan jika pemerintah daerah dan aparat kepolisian serta pengelola jembatan bisa duduk bersama.

Begitu juga ketakutan investor masuk Madura juga bisa disiasati dengan menyusun grand design yang melibatkan calon investor. (ar)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites