Sabtu, 06 Oktober 2018

Ribuan Masyarakat Serbu Pameran Alutsista TNI di Koarmada II



RADARMETROPOLIS: Surabaya - Pameran alutsista TNI tahun 2018 menarik minat masyarakat Jatim dan sekitarnya. Tampak ribuan masyarakat berbaur dengan anggota TNI dalam acara yang digelar di pangkalan terbesar TNI angkatan Laut Surabaya, Dermaga Madura Koarmada II, Ujung Surabaya, Sabtu, (06/10/2018) tersebut.

Panglima Komando Armada (Pangamarda) II, Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, SE MM bersama Panglima Kodam (Pangdam) V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman, dan Komandan Lanud (Danlanud) Kolonel Pnb Budi Ramelan, SE membuka secara resmi acara yang melibatkan tiga matra TNI itu.

Selain sebagai momentum bagi TNI untuk menunjukkan peningkatan kemampuan personal dan modernisasi alutsista, kegiatan pameran kecanggihan alutsista yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT TNI ke-73 yang mengambil tema “Profesionalisme TNI untuk Rakyat” itu dimaksudkan juga sebagai bentuk pertanggungjawaban TNI kepada rakyat.

Apa yang sudah diberikan oleh negara kepada TNI, yang kesemuanya berasal dari rakyat, harus dikembalikan lagi secara kongkrit kepada masyarakat. Sehingga TNI akan dicintai sekaligus disegani oleh rakyat.

Dengan bermodalkan profesionalisme yang didukung dengan modernisasi alutsista maka akan terlahir TNI yang kuat, sehingga siap menjawab kepercayaan dan tugas yang diberikan negara dan rakyat dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.

Dalam pameran altusista tersebut masyarakat bisa menyaksikan serta selfi bersama parajurit dan alutsista TNI yang dipamerkan. Mulai dari kapal layar latih legendaris TNI Angkatan Laut, yaitu KRI Dewaruci, kapal perang kelas SIGMA yang pernah bertugas dalam misi perdamaian dunia di Lebanon, KRI Frans Kaisiepo 368, KRI Diponegoro 365, KAL Bawean yang dapat digunakan joysailing di sekitar perairan Surabaya, dan Kapal Selam terbaru KRI Ardadedali-404 yang harganya mencapai Rp 6 triliun.

Adapula Heli Bell Puspeberbal, Ranpur Marinir, Torpedo, Pasusla seperti Koska dan Taifib, BMP-3F, Aligator, MLRS Vampire, Monobs, Radar Hughes, Acmad Rupanpur.

Sedangkan TNI AD menampilkan alutsista, MBT Leopard, MLRS Astros, Tank Scorpion, Tank Stromer, Tank Transporter, Panser Anoa 6X6 APC, Panser Intai 4X4, Rudal MMS, 1 Rudal LML. Sementara itu TNI AU menampilkan alutsista diantaranya Miniatur Pesawat Udara, Korpaskhas, dan Ordirga.

Selain pameran alutsista, peringatan HUT TNI ke-73 di Surabaya yang dipusatkan di Koarmada II tersebut dimeriahkan dengan berbagai acara menarik. Yakni demonstrasi Beladiri (Yoongmodo, Karate, dan Taekwondo), demo terjun payung, hiburan band, peninjauan stan pameran, fun run 5K, fun bike, hiburan atraksi komunitas, fun ride serta demo pesawat udara bonanza “Neptune harmony flight” Puspenerbal dan pembagian doorprize.

Selain itu juga akan dilaksanakan penyerahan piagam peserta pameran demo bela diri gabungan dan terjun payung. (rcr) 

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites