Selasa, 27 Juni 2017

Ayo Manfaatkan Angkutan Gratis Kapal Laut, Jangan Naik Motor!


RADARMETROPOLIS: (Jakarta) Kementerian Perhubungan menghimbau hendaknya masyarakat yang akan arus balik ke Jakarta tidak mengendarai motor. Sebaiknya memanfaatkan angkutan gratis kapal laut dari Tanjung Mas Semarang ke Tanjung Priok Jakarta.

"Kemenhub menganjurkan bagi pengguna sepeda motor pada masa arus balik lebaran lebih baik memanfaatkan program angkutan gratis dengan kapal laut," ujar Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, J. A. Barata di Jakarta, Selasa (27/6).

"Jadi, sepeda motor dan penumpangnya diangkut gratis dengan kapal laut. Ini merupakan solusi yang lebih selamat, aman, dan tanpa melelahkan," kata Barata.

Anjuran di atas disampaikan, mengingat penggunaan sepeda motor sebagai angkutan mudik lebaran masih menjadi pilihan pemudik dan terus meningkat setiap tahunnya. Pemudik diintai kecelakaan.

Kecelakaan tersebut disebabkan beberapa faktor, seperti kelelahan.

Barata mengatakan, pemudik sepeda motor khususnya pada saat arus balik harus mempunyai persiapan yang ekstra dibanding saat arus mudik ke kampung halaman.

"Biasanya pada saat arus balik, spirit dan euphoria pengendara motor sudah berkurang, begitu juga energi dan perbekalan. Tentu ini juga berpengaruh pada tingkat konsentrasi dan daya tahan tubuh (kelelahan) dapat membuat resiko lebih berbahaya dalam mengemudi di jalan," terang Barata.


Karena itu, dia menyarankan agar pemudik sepeda motor menggunakan angkutan kapal gratis yang telah disiapkan Kemenhub. (rez)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites