Sabtu, 24 Juni 2017

Penghuni Liponsos Keputih Surabaya Gelar Sholat Idul Fitri 1438 H



RADARMETROPOLIS: (Surabaya) – UPTD Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Keputih Sukolilo, Dinas Sosial Surabaya, Minggu, 25/6 menggelar sholat Idul Fitri 1438 H di halaman kompleks Liponsos. Kegiatan ini akan diikuti oleh penghuni liponsos dan staf UPTd serta relawan.

Kepala UPT Liponsos Keputih, Sugianto, mengatakan terkait kegiatan tersebut pihaknya telah mengundang KH. Rifai, SAg untuk bertindak sebagai imam dan khotib dalam sholat ied tersebut.

Dijelaskan lebih lanjut, bahwa selama bulan Ramadhan para penghuni melakukan kegiatan sebagaimana yang dilakukan oleh umat muslim pada umumnya. Mereka juga menjalankan puasa dan mengadakan sholat terawih dan tadarusan. Namun, selain melaksanakan kegiatan ramadhan tersebut, mereka tetap wajib menjalankan program-program pembinaan sebagaimana yang dilakukan dalam sehari-hari.

Misalnya pada pagi hari, penghuni tetap harus melakukan bersih-bersih di baraknya masing-masing. Lalu mengikuti pelatihan keterampilan, diantaranya membuat keset dari kain percah dan menjahit.

“Pada saat ini penghuni liponsos Keputih ada 1.592 orang,” kata Sugianto, Sabtu (24/6/2017) menjawab pertanyaan radarmetropolis.com, di kantor UPTD Liponsos Keputih Jl Keputih Tegal Surabaya.

Mereka terbagi dalam empat kelompok Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial. Yakni penderita gangguan jiwa atau psikotik, pengemis, anak jalan, waria, dan Pekerja Seks Komersial atau PSK.

Dari empat kelompok tersebut, yang saat ini paling banyak menghuni Liponsos adalah penderita gangguan jiwa yang terbagi dalam gangguan ringan, sedang, dan berat.

Selama mereka tidak diketahui asal-usulnya, mereka akan tetap ditampung di Liponsos. Untuk perawatan, Liponsos bekerjasama dengan rumah sakit milik Pemprov Jatim, RS Jiwa Menur Surabaya.


“Namun kalau mereka diketahui identitas atau asal-usulnya, mereka akan dikembalikan ke pemerintah kabupaten atau kota asal,” kata mantan Kepala UPTD Grha Werdha tersebut. (erha)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites