Minggu, 25 Juni 2017

Ribuan Umat Islam Padati Masjid Istiqlal Sejak Lepas Subuh


RADARMETROPOLIS: (Jakarta) - Ribuan umat Islam dari wilayah Jakarta dan sekitarnya sudah mendatangi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, sejak lepas subuh.

Area parkir bahkan jalanan depan pintu masuk masjid yang berseberangan dengan Gereja Katedral, tampak sudah dipadati kendaraan jamaah yang ingin menunaikan ibadah Sholat Idul Fitri.

Di areal pintu masuk dipasang detektor logam. Dengan demikian semua harus melewati mesin detektor logam, dan mesin x ray untuk barang bawaan.

Jamaah yang memasuki masjid dan sudah melewati pemeriksaan diarahkan mengisi saf-saf yang ada di dalam masjid yang terdiri dari lima lantai, dan bisa menampung sekitar 200 ribu jamaah.

Menurut panitia pelaksana, Sholat Ied akan dilaksanakan tepat pukul 7.00 WIB.  Diifnormasikan, KH.M Quraish Shihab akan bertindak sebagai khotib untuk menyampaikan khutbah Idul Fitri 1438 Hijriah.

Pasukan Pengaman Presiden didukung aparat kepolisian sudah melakukan penjagaan ketat di sekitar area masjid. Penjagaan itu dilakukan karena rencananya, Presiden Jokowi akan menunaikan Sholat Ied di Masjid Istiqlal bersama Wakil Presiden, Jusuf Kalla, serta sejumlah pejabat negara.

Sementara itu, untuk menghormati umat muslim yang akan melaksanakan sholat Ied hari ini, Gereja Katedral yang berada tepat di depan Masjid Istiqlal meniadakan perayaan Ekaristi minggu pagi.

Mgr Ignatius Suharyo Uskup Agung Jakarta mengatakan, biasanya Gereja Katedral menyelenggarakan empat kali misa atau perayaan Ekaristi setiap hari minggu. Pertama pukul 06.00, 07.30, 09.00 dan terakhir pukul 11.00 WIB.

Khusus untuk minggu ini, Katedral hanya menyelenggarakan perayaan Ekaristi dua kali, yaitu pukul 10.00 dan pukul 12.00 WIB.

Selain mengubah jadwal misa, jamaah Sholat Ied Masjid Istiqlal juga dipersilakan menggunakan halaman gereja untuk parkir mobil atau motor, kalau lahan parkir di Istiqlal tidak cukup.

Menurut Uskup Agung, ini bukan kejadian baru. Sudah puluhan tahun antara Gereja Katedral dan Masjid Istiqlal menjalin kerjasama baik dan menjaga toleransi. (rez)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites