Kamis, 22 Juni 2017

Rayakan Lebaran, 2.400 TKI Jatim dari Berbagai Negara Pulang Kampung

RADARMETROPOLIS: (Sidoarjo) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur mencatat pada H minus 4, sekitar 2.400 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) pulang ke Indonesia untuk merayakan lebaran tahun 2017 di kampung halaman.

Di sela kegiatan penerimaan TKI di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya, Kepala Dinas dan Transmigrasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Setiajit, Rabu (21/6) malam mengatakan bahwa dari jumlah tersebut sekitar 400 orang tercatat sudah selesai kontraknya. Sedangkan sekitar 2000 orang sisanya adalah mereka yang mengambil cuti guna merayakan lebaran.

Diinformasikan lebih lanjut, para TKI ini datang dari berbagai negara di luar negeri seperti dari Taiwan, Malaysia dan juga dari Arab Saudi.

Diantara mereka yang pulang juga ada TKI yang bermasalah, seperti tidak cocok dengan majikan sehingga pindah majikan atau penempatan tidak sesuai dengan peruntukannya.

“Para TKI yang bekerja di luar negeri ini, khusus di Jawa Timur, nilai Remiten (pengiriman uang dari luar negeri) bisa mencapai Rp2 triliun sampai dengan akhir tahun 2017, “ ungkap Setiajit.

Data tersebut berdasarkan pada pemantauan Disnaker sampai dengan semester pertama tahun 2017 yang mencapai Rp1 triliun. Hal ini meningkat sekitar 10 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya mencapai Rp1,8 triliun.

Lebih lanjut Setiajit menjelaskan, untuk sektor formal para TKI ini rata-rata bekerja di perkebunan, pembantu rumah tangga, dan juga tenaga kuli bangunan.


"Rata-rata gaji mereka bisa mencapai Rp 8 sampai dengan Rp 10 juta setiap bulannya," ujarnya. (hr/ar)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites