Sabtu, 24 Juni 2017

Dirjen Udara Prediksi Pemudik Pesawat Meningkat 9,8 Persen


RADAR METROPOLIS: (Jakarta) - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso, memprediksi pemudik yang menggunakan pesawat terbang tahun ini meningkat sebesar 9,8 persen. Tercatat sekitar 2,5 juta pemudik telah berangkat hingga malam tadi.

"Kami belum lihat, nanti waktu lebaran kami lihat kenaikannya seberapa jauh. Karena menurut prediksi kami, passenger yang diangkut pada tahun ini ada 5.400.000 penumpang. Sedangkan tahun lalu 4.900.000, nah ini berarti naik 9,8%," ujar Agus di Posko Terpadu Angkutan tahun 2017 Ruang Nanggala, Gedung Cipta lantai 7, Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Jumat (23/6/2017).

Agus menyebut hingga Kamis (23/6) malam, ada sekitar 2,5 juta pemudik yang menggunakan pesawat. "Tadi malam, kira-kira ada 2,5 juta penumpang yang diangkut oleh transportasi udara," sebutnya.

Menurutnya perlu penilaian cermat untuk mengetahui penyebab lonjakan pemudik yang menggunakan transportasi udara. Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik, pihaknya mempersiapkan lebih banyak armada pesawat terbang.

Kemudian jam operasi airport juga diperpanjang. Misal di Halim pukul 22.00 WIB sudah lengang. Tapi nanti kenapa masih dibuka, karena ada pendaratan yang terjadi pada pukul 24.00 WIB. Ditjen Perhubungan Udara memberikan fasilitas kepada masyarakat supaya nanti yang ingin mudik bisa tertampung utamanya lewat udara.

Tahun ini ada 14 maskapai dengan 532 pesawat yang disediakan untuk Mudik Lebaran tahun 2017. Dirjen Udara Kemenhub juga menambah jam operasi beberapa bandara besar.


Ada yang diperpanjang menjadi 24 jam, ada yang sampai pukul 24. Yang beropasi 24 jam seperti Jakarta baik Halim dan Soetta, Kemudian Juanda Surabaya, Denpasar, Makassar, sampai Kualanamu. Yang lain sampai jam 24 seperti Solo, Yogyakarta itu sampai jam 24. (rez)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites