Selasa, 27 Juni 2017

Menteri PUPR: Infrastruktur Jalan untuk Arus Balik Sudah Siap


RADARMETROPOLIS: (Jakarta) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, memastikan kondisi infrastruktur jalan untuk arus balik sudah siap pakai. Menurutnya sudah sejak lama menjalin koordinasi dan bekerja sama dengan pihak terkait untuk mewujudkan angkutan Lebaran yang bagus.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.  Ia mengaku sangat terbantu oleh Kementerian PUPR sehingga proses mudik berjalan lancar.

"Saya dibantu Pak Basuki (Menteri PUPR, red) membangun jalan, jembatan. Di selatan ada empat jembatan dibangun. Kita bersama-sama kepolisian, dengan Pertamina juga, petugas-petugas sama berkeringat dengan kita. Mereka tidak merasakan Lebaran, nah kita ingin makan bersama,” kata Menhub Budi merespon langkah Menteri PUPR.

Basuki Hadimuljono lebih jauh mengatakan, mudik kali ini harus dimaknai dengan bersama-sama guyub rukun, dimana semua merasakan sama dan tidak ada yang berbeda dengan yang lain.

"Jadi kita sama-sama merekayasa lalu lintas dengan infrastruktur yang ada. Insyaallah kita tunggu nanti arus balik. Kita ini baru 50 persen, tapi sampai hari ini, alhamdulilah, tidak ada kejadian yang ekstrim. Mudah-mudahan arus baliknya juga lancar. Evaluasinya nanti setelah arus balik," tuturnya.


Data Tol Fungsional

Menjelang Lebaran 2017, Kementerian PUPR bekerja ekstra keras mempersiapkan fasilitas jalan dan insfrastruktur lainnya.

Berdasarkan data dari Kementerian PUPR, Jalan Tol Fungsional (JFT) Brebes-Gringsing memiliki panjang 110 km. Tol darurat tersebut terbagi tiga ruas tol. Pertama Brebes Timur hingga Pemalang, kedua Pemalang hingga Kabupaten Batang dan ketiga adalah Batang hingga Semarang. Setiap ruas memiliki seksi yang terbagi dalam beberapa jarak:

A. Brebes Timur - Pemalang

Seksi 3 Brebes Timur- Tegal 10,40 km

Seksi 4 Tegal - Pemalang 26,90 km

B. Pemalang - Batang

Seksi 1 Pemalang - Pekalongan 23,30 km

Seksi 2 Pekalongan - Batang 15,90 km

C. Batang - Semarang

Seksi 1 Batang - Batang Timur 3,20 km

Seksi 2 Batang Timur - Weleri 36,35 km

Seksi 3 Weleri - Kendal 11,05 km

Seksi 4 Kendal - Kaliwungu 13,5 km

Seksi 5 Kaliwungu - Ngaliyan (Semarang) 7,90 km.


Dengan adanya JTF itu, perjalanan arus mudik pun semakin lancar. "Diharapkan arus balik juga akan lancar dan aman," kata Menteri Basuki. (rez)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites