Jumat, 30 Juni 2017

Lukita Pastikan Harga Pangan Usai Lebaran Turun dan Stabil


RADARMETROPOLIS: (Malang) - Harga komoditi pangan di Kabupaten Malang usai lebaran cenderung stabil. Hal ini dipastikan langsung Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Enggartiasto Lukita, saat memantau sejumlah pasar rakyat di wilayah Kabupaten Malang.

Menteri Perdagangan melihat langsung suasana Pasar Rakyat di Kepanjen, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jumat (30/6/2017) siang, dengan didampingi Bupati Malang, Rendra Kresna. 

Pada sejumlah pedagang, Lukita menanyakan harga komoditi pangan seperti cabe, bawang merah, dan bawang putih serta sejumlah kebutuhan pokok lainnya. “Di pasar Kepanjen ini harga cenderung stabil, bahkan turun. Ini sebenarnya bisa kita lihat, bagaimana pemerintah daerah dalam hal ini Pemkab Malang secara intens mampu mengendalikan harga,” ungkap Lukita.

Menurutnya, pengendalian harga yang sangat baik oleh pemerintah daerah telah membuat para pedagang, petani, dan peternak di Kabupaten Malang tidak merugi. “Pengendalian harga yang baik dari pemerintah daerah, bukan pekerjaan satu hari atau dua hari saja. Namun sejak awal dan secara khusus, Pemkab Malang bersama-sama dengan kami semua, mempersiapkan pasokannya dengan sangat baik,” paparnya.

Lukita membeberkan, persiapan pasokan menjadi penting. Seperti yang dilakukan oleh Pemkab Malang, begitu ada kekurangan segera menghubungi kemendag untuk memasok kembali kebutuhan yang diinginkan masyarakat. Sehingga, tidak ada kekhawatiran mengenai ketersediaan pangan.

“Biasanya sampai H+7 karena pedagang sedikit, ada kecenderungan harga naik. Tapi di Kabupaten Malang harga sudah turun, bahkan lebih rendah daripada H-3 sebelum lebaran,” pungkasnya.

Komoditi yang turun salah satunya adalah harga cabe. Jika sebelum lebaran harga cabe di tempat ini masih berkisar Rp 30 ribu per kilogramnya, harga di tingkat pedagang pasar sudah mencapai harga Rp 20 ribu sampai Rp 15 ribu per kilogramnya. (erha)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites