Rabu, 21 Juni 2017

Mulai Hari Ini, Dirjenhubdar Larang Kendaraan Besar Melintas

RADAR METROPOLIS: (Mojokerto) kendaraan besar dilarang melintas Mulai hari ini, Rabu (21/6/2017) kendaraan besar dilarang melintas di jalan raya. Kendaraan besar diperbolehkan kembali melintas pada 30 Juni 2017. Hal ini berdeasarkan ketentuan Peraturan Dirjen Perhubungan Darat nomor SK.2717/AJ.201/DRJD/2017 tentang Pengaturan Lalu lintas dan Pengaturan Kendaraan Angkutan Barang Pada Masa Angkutan Lebaran 2017.

Kasi Pengendalian dan Operasional UPT LLAJ Mojokerto Dinas Perhubungan Jawa Timur, Yoyok Kristyowahono, mengatakan bahwa ada kategori kendaraan angkutan yang dimaksud. "Yakni kendaraan angkutan barang yang jumlah berat yang diizinkan (JBI) lebih dari 14.000 kilogram dan mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih," ungkapnya.

Lebih lanjut ia jelaskan, kategori tersebut dilarang jalan mulai H-4 atau pada 21 Juni 2017 hingga H+3 atau tanggal 29 Juni 2017 per 00.00 WIB. Namun, pembatasan operasional bagi kendaraan angkutan barang tersebut memiliki sejumlah pengecualian bagi sejumlah kendaraan barang. Yakni kendaraan pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Bahan Bakar Gas (BBG).

Pengecualian juga berlaku bagi kendaraan pengangkut ternak, hantaran pos, bahan pokok serta kendaraan yang diberi tanda khusus untuk mengangkut sepeda motor peserta mudik gratis. Ini sesuai hasil koordinasi, khusus untuk kendaraan pengangkut barang impor atau ekspor baik menuju dan dari pelabuhan untuk memenuhi jadwal pelayaran internasional ada pengecualian juga.

“Kendaraan pengangkut barang impor atau ekspor masih bisa melintas jika memiliki surat dispensasi dari Dinas Perhubungan. Pembatasan jumlah kendaraan berat tersebut dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kemacetan di jalan raya ketika mudik Lebaran 2017 sehingga Direktur Jendral (Dirjen) Perhubungan Darat melayangkan aturan terkait larangan operasional terhadap kendaraan angkutan barang,” papar Yoyok. (era)


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites