Senin, 23 Oktober 2017

Aksi Nasional Tagih Janji Jokowi, Ratusan Kades Mojokerto ke Jakarta


RADARMETROPOLIS: Mojokerto - Janji Presiden Joko Widodo mengucurkan Dana Desa senilai Rp 1,4 miliar dan mengangkat perangkat desa menjadi PNS secara bertahap ditagih. Ratusan perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Mojokerto berangkat ke Jakarta dan bergabung dengan PPDI seluruh Indonesia untuk menagih janji tersebut.

Ketua I PPDI Kabupaten Mojokerto, Joko Priyono mengatakan bahwa sebanyak 356 perangkat desa dari 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Mojokerto berangkat ke Jakarta. "Kita akan bergabung dengan perangkat desa seluruh Indonesia untuk melakukan unjuk rasa," ungkapnya, Senin (23/20/2017).

Tujuan melakukan unjuk rasa itu adalah untuk menagih janji Jokowi. Sebelumnya, para perangkat desa seluruh Indonesia sudah melakukan musyawarah nasional dan menyepakati beberapa tuntutan. Diantaranya, meski tidak menjadi PNS minimal kesejahteraan para perangkat desa harus diperhatikan serta mempertahankan status perangkat desa.

"Karena dalam UU No 6 Tahun 2014 disebutkan jika perangkat desa hanya sekretaris desa, kasi, dan kasun. Sehingga para kepala desa menilai, selama ini perangkat desa, khususnya kepala desa, dianggap sebelah mata oleh pemerintah pusat. Karena perangkat desa tidak dibentengi oleh UU dan PP," katanya.


Sebanyak 356 perangkat desa tersebut berangkat ke Jakarta menggunakan 10 bus. Mereka akan menggelar aksi unjuk rasa bersama perangkat desa se-Indonesia dalam acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Aksi menagih janji Jokowi itu akan digelar Selasa (24/10/2017) besok. (rez)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites