SELAMAT HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2017

Jumat, 27 Oktober 2017

Ansor Tuding Panwaslu Sidoarjo Ditunggangi Kepentingan Politik


RADARMETROPOLIS: Sidoarjo - Jelang penutupan masa perekrutan anggota panitia pengawas kecamatan (Panwascam) untuk 18 kecamatan di Sidoarjo 29 Oktober 2017, PC GP Ansor Sidoarjo mencium ada ketidaknetralan dalam perekrutan tersebut.

PC GP Ansor menilai latar belakang tiga anggota Panwaslu Sidoarjo saat ini disinyalir ditunggangi kepentingan politik tertentu. Kepentingan politik inilah yang akan berimbas terhadap netralitas dan keterbukaan dalam menentukan calon anggota Panwascam.

Padahal, menurut Wakil Ketua Bidang Politik dan HAM PC GP Ansor Sidoarjo M. Ainul Yakin dalam rilis Jumat (27/10/2017) aturannya anggota Panwaslu tidak boleh memiliki kepentingan politik dan juga tidak boleh ditunggangi oleh kepentingan politik manapun. Karena hal itu akan merusak proses demokrasi.

Dijelaskan lebih lanjut, bahwa dalam rekrutmen anggota Panwascam sebagai penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan, harus mengedepankan azas mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, akuntabilitas efektif, dan efisien. Tidak boleh ada kepentingan apapun dalam perekrutan Panwascam.

Untuk menyikapi masalah dugaan ketidakberesan dalam rektutmen tersebut, PC GP Ansor Sidoarjo mengeluarkan pernyataan sikap, yakni mendesak kepada Panwaskab Sidoarjo untuk menjaga netralitas dan terbuka dalam menentukan dan memilih anggota Panwascam.

"PC GP Ansor juga mendesak kepada Panwaskab Sidoarjo untuk melepas semua kepentingan politik yang selama ini melekat pada diri masing-masing anggota Panwaskab Sidoarjo," kata Yakin.

Sementara itu, menanggapi pernyataan sikap dari PC GP Ansor, Ketua Panwakab Sidoarjo Muhammad Rasul menyatakan kalau itu kritik, itu hak semua warga. Terpenting, apa yang dijalankan oleh Panwaskab Sidoarjo, sudah sesuai aturan yang berlaku.

"Proses rekrutmen Panwascam itu dilaksanakan secara transparan dan terbuka bagi warga masyarakat Sidoarjo. Tahapan-tahapan dilakukan sesuai syarat dan undang undang yang berlaku," katanya.

Rekrutmen Panwascam dipersiapkan untuk pemilihan Gubernur 2018 serta Pemilihan Legislatif DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, dan Pemilihan Presiden 2019 mendatang.


"Kita butuh 54 anggota Panwascam dari 18 kecamatan yang ada di Sidoarjo. Dengan tiga orang masing masing kecamatan," jelas Rasul. (rik)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites