Kamis, 12 Oktober 2017

Gresik Terpilih Lagi Jadi Desa Tangguh Bencana Tingkat Jatim


RADARMETROPOLIS: Gresik - Kabupaten Gresik dinilai mempunyai kinerja terbaik dalam menangani bencana. Ini menjadikan Kabupaten Gresik kembali terpilih menjadi desa tangguh bencana di tingkat Provinsi Jawa Timur untuk yang kedua kalinya.

Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo kepada Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto dalam upacara puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jawa Timur yang ke 72 yang dilaksanakan di lapangan Tugu Pahlawan Surabaya, Kamis (12/10/2017).

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Gresik Suyono menuturkan, prestasi tersebut adalah yang kedua kalinya diraih oleh Gresik. Tahun kemarin, Gresik juga menerima penghargaan yang sama.

“Tahun ini ada 33 desa yang ditetapkan Pemkab Gresik sebagai desa tangguh bencana. Pada tahun 2021 mendatang, sebanyak 66 desa mampu mandiri dalam penanggulangan bencana," tuturnya.

Suyono menambahkan, terkait dengan desa tangguh bencana tersebut, Pemkab pada intinya selalu sigap dalam menghadapi bencana banjir maupun kekeringan. Masyarakat terdampak serta jajaran relawan bencana mampu menjadikan desa-desa terdampak bencana di Gresik menjadi desa tangguh dan mandiri dalam menghadapi bencana banjir maupun kekeringan.

"Semua ini berkat sinergitas pemerintah dan masyarakat serta para relawan. Namun demikian, kami di jajaran senantiasa mengupayakan agar dampak yang ditimbulkan dari bencana banjir maupun kekeringan dapat diminimalisir," tambahnya.


Rencananya, jika ada anggaran tahun depan Pemkab Gresik dalam mengantisipasi dan meminimalisir bencana kekeringan adalah dengan membangun sumur yang rencananya akan dibangun di 914 dusun. Dengan membangun sumur, setidaknya memberikan keamanan kepada masyarakat dari bahaya kekeringan. (sri)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites