Kamis, 12 Oktober 2017

Surabaya Terima Penghargaan Pemerintahan dengan Kinerja Terbaik


RADARMETROPOLIS: Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya menerima penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha dari Presiden Joko Widodo. Penghargaan yang baru pertama kalinya diterima Surabaya ini merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Negara kepada Provinsi, Kabupaten/ kota yang telah melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dengan kinerja terbaik.

Penghargaan tersebut diterima oleh Pemerintah Kota Surabaya berdasarkan Keppres 36&38/TK/2017 yang ditandatangani oleh Presiden Jokowi di Jakarta pada 20 April 2017.

Dalam Surat Keputusan Presiden itu, Pemerintah Kota Surabaya menerima penghargaan tertinggi dari Negara.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan tersebut secara langsung kepada Walikota Surabaya bersamaan dengan peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-72 Tahun di Tugu Pahlawan.

“Atas nama Pemerintah dan atas nama Presiden, selamat Hari Jadi Provinsi Jawa Timur dan dedikasi untuk menggerakkan masyarakat dan memberikan kontribusi positif dalam penyelenggaraan pemerintahan,” kata Tjahjo usai menyerahkan penghargaan tersebut.

Menurut Mendagri, penghargaan Parasamya bukan hanya penilaian fisik pembangunan di kota saja, melainkan banyak aspek penilaian lainnya yang diukur. Aspek lainnya, diantaranya adalah SDM, infrastruktur, masalah sosial, dan lainnya juga ikut diukur.

Sebelumnya, acara yang dimulai tepat pukul 08.00 WIB itu dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, dan beberapa Walikota/ Bupati di Jatim lainnya.

Dalam prosesi penyerahan piala tersebut, sebanyak 12 orang yang tergabung dalam satu pasukan dari IPDN membawa empat Piala Parasamya Purna Karya Nugraha. Keempat piala itu masing-masing diberikan kepada Pemerintah Provinsi Jatim, Pemerintah Kota Surabaya, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, dan Pemerintah Kabupaten Lamongan.

Surabaya dinilai telah membuat terobosan inovasi dalam pelayanan publik kepada masyarakat GRMS (Government Resources Management System) pelayanan berbasis online.

Oleh karena itu, Mendagri meminta kepada Pemprov Jatim dan Kota di Jatim untuk mau membantu agenda strategis nasional, mulai dari tingkat Gubernur hingga di desa.

“Saya berharap untuk mau evaluasi kota di Provinsi Jatim, khususnya pelayanan publik, peningkatan daya saing daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.  Besar harapan kami, Pemprov Jatim menyelesaikan agenda strategis nasional di Jatim, mulai dari Gubernur sampai di desa,” kata Mendagri.


Usai pemberian penghargaan ini, acara kemudian diisi dengan tarian dan nyanyian tradisional lainnya. Bahkan penampilan drum band dari AAL juga ikut tampil memeriahkan acara ini. (ar)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites