Selasa, 24 Oktober 2017

Kemenpora Bekali 309 Pemuda Jatim


RADARMETROPOLIS: Mojokerto - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI mengadakan pembekalan Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) di kawasan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Sebanyak 309 pemuda dari 10 kabupaten di Jawa Timur mengikuti pembekalan tersebut.

Program PMMD itu bertujuan untuk mewujudkan pemuda mandiri yang dapat menjadi penggerak dan pelopor bagi berjalannya roda kehidupan masyarakat di lingkungannya, baik dari segi ekonomi, politik, sosial maupun kebudayaan.

Kabid Kepeloporan Pemuda Daerah Khusus, Asdep Kepemimpinan dan Kepeloporan, Deputi Pengembangan Pemuda, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Sopti Popiyati mengatakan bahwa program yang menjadi unggulan tersebut adalah untuk mendukung revolusi mental kalangan pemuda di seluruh Indonesia.

"Dari 411 pemuda yang ikut seleksi tiga bulan lalu, ada 309 pemuda mandiri yang berhasil lolos seleksi yang berasal dari 10 kabupaten di Jatim. Diantaranya, Pamekasan, Blitar, Lamongan, Tulungagung, Sidoarjo, Jember, Gresik, Lumajang, Bangkalan, dan Malang," ungkapnya, Senin (23/10/2017).

Dijelaskan lebih lanjut, bahwa para peserta itu nantinya akan memajukan potensi masing-masing daerah yang kurang berkembang. Diharapkan nantinya dari program tersebut akan lahir pemuda mandiri dari daerah yang dapat terfasilitasi untuk menjalankan program yang bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

"Bentuk kegiatannya berkaitan dengan lingkungan, baik olahraga, sosial, budaya maupun tradisinya, untuk mengangkat potensi masing-masing. Program ini merupakan pilot project tahun ini dan telah dilaksanakan di sepuluh provinsi di seluruh Indonesia dengan target peserta sebanyak seribu lima ratus pemuda," urainya. 

Sebanyak sepuluh propinsi tersebut, yakni Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.


Sofi menyatakan bahwa dari target seribu lima ratus pemuda mandiri tersebut, nantinya disaring menjadi lima ratus pemuda yang terbaik untuk dinobatkan sebagai pemuda pelopor. (rik)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites