SELAMAT HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2017

Rabu, 19 Juli 2017

Arus Kunjungan Kapal Pesiar di Pelabuhan Pelindo III Naik 34 Persen


RADARMETROPOLIS: (Surabaya) - Arus kunjungan kapal pesiar ke pelabuhan-pelabuhan yang ada di bawah pengelolaan Pelindo III selama semester pertama tahun 2017 mencapai 70 kunjungan. Ini berarti arus kunjungan mengalami kenaikan sebesar 34 persen dibanding pencapaian tahun lalu di periode yang sama.

Demikian diungkapkan oleh Widyaswendra, VP Corporate Communication Pelindo III, di Surabaya, Rabu (19/07/2017).

“Kendati demikian, jumlah penumpang kapal pesiar justru menurun 12 persen secara year-on-year, yakni berjumlah 49.345 orang dibanding tahun 2016 yang mampu mencapai 55.803 orang,” kata Widyaswendra lebih lanjut.

Ia menambahkan, kondisi tersebut dipicu oleh populernya kapal pesiar dari kelas small ship mengunjungi pelabuhan-pelabuhan di wilayah kerja Pelindo III dengan kapasitas penumpang berkisar 251-750 orang. Dari 70 kunjungan, dominasi kapal pesiar kecil ini mencapai 44 persen atau sebanyak 31 kunjungan. Sedangkan tahun lalu, dimana kelas small ship hanya mencatat kunjungan sebanyak 7 call atau 15 persen saja.

“Tahun 2016, kunjungan cruise didominasi oleh kapal dari kelas mid-size ship (kapasitas 751-2500 orang). Jumlahnya mencapai 34 call atau 74 persen dari total kunjungan cruise ke pelabuhan-pelabuhan kelolaan Pelindo III sepanjang tahun 2016 (46 kunjungan),” terangnya.

Selain itu reputasi Pulau Bali juga berdampak pada tingginya intensitas kunjungan kapal pesiar ke Pelabuhan Benoa dibanding pelabuhan lain di wilayah kerja Pelindo III, yakni sebanyak 38 kunjungan. Bahkan, intensitas kunjungannya belum tersaingi oleh tujuh pelabuhan Pelindo III lain jika digabungkan.

Tujuh pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Tanjung Emas (Semarang), Pelabuhan Lembar (Lombok), Pelabuhan Tanjung Tembaga (Probolinggo), Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya), Pelabuhan Celukan Bawang (Bali), Pelabuhan Kalabahi (Alor – NTT) dan Pelabuhan Badas (Sumbawa – NTB).

Peak season kunjungan kapal pesiar di delapan pelabuhan tersebut terjadi pada triwulan pertama 2017, antara bulan Januari sampai dengan Maret. Hal ini adalah imbas dari pergantian musim di negara-negara Eropa maupun Amerika Serikat yang masih bermusim dingin.
Para pelancong mancanegara pun banyak memanfaatkan masa liburannya menuju negara-negara beriklim tropis. Tak terkecuali Indonesia. Sepanjang triwulan pertama 2017, jumlah kunjungan kapal pesiar tercatat sebanyak 45 call. Selanjutnya pada kuartal kedua, jumlah kunjungannya menurun dengan jumlah 25 call.


Untuk itu, Pelindo III tengah berupaya menambah panjang dermaga Pelabuhan Benoa. Dermaga Timur diperpanjang menjadi 340 meter, sehingga mampu mengakomodir kapal pesiar dengan panjang keseluruhan (length overall) di atas 240 meter. Pelindo III juga akan membangun 11 terminal penumpang baru di pelabuhan-pelabuhan yang melayani kapal penumpang, baik domestik maupun internasional. (erha)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites