Selasa, 25 Juli 2017

Surabaya Great Expo 2017 Bawa Produk UKM Surabaya “Naik Kelas”


RADARMETROPOLIS: (Surabaya) - Agenda tahunan Surabaya Great Expo (SGE) tahun 2017 dipastikan dikemas secara spesial. Hal ini akan menjadikan produk UKM Surabaya naik kelas, karena dapat mengenalkan produknya ke pasar yang lebih luas. Terlebih, UKM binaan Pemerintah Kota Surabaya yang berkesempatan memamerkan produknya di SGE adalah merupakan UKM-UKM terpilih.


Dari sisi pelaksanaan SGE 2017 juga mengalami perubahan. Bila sebelumnya pameran industri, perdagangan, investasi, pariwisata, perbankan, dan produk selalu digelar di bulan Mei sebagai bagian acara memeriahkan hari Jadi Kota Surabaya (HJKS), tahun ini digelar Agustus, di Grand City Mall Surabaya pada 30 Agustus-3 September.

Boediono, penyelenggara SGE, menjelaskan bahwa Surabaya Great Expo menjadi momentum bertemunya pelaku UKM, pengusaha, dan masyarakat. Nantinya total akan ada 118 stan dengan rincian 68 stan di main lobby dan 50 stan di lantai II.

Ia optimistis bahwa warga Surabaya dan juga dari luar Surabaya akan antusias untuk ikut meramaikan SGE yang berlangsung dari hari Rabu hingga Minggu mulai pukul 10.00-22.00 WIB. Ia menargetkan ada kenaikan jumlah pengunjung SGE yang tahun lalu mencapai 25 ribu orang, menjadi 27 ribu pengunjung.

“Karena pengunjung bisa masuk ke SGE secara gratis. Terlebih acaranya juga digelar di mal yang mudah dijangkau. Mudah-mudahan juga jumlah transaksinya juga naik. Kami menargetkan jumlah transaksi mencapai Rp 5 miliar (dari 4,5 miliar tahun lalu),” ujar Boediono.

Selain pameran produk, juga akan ada acara hiburan. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa melakukan konsultasi pelayanan dari Dinas Perdagangan, pelayanan perbankan, PDAM Surya Sembada, PD Pasar Surya, dan juga PDTS Kebun Binatang Surabaya.

“Jadi, segmennya keluarga. Ada acara orang dewasa dan juga anak-anak, semisal lomba menggambar. Dan layanan-layanan tersebut mendekatkan dinas dan instansi dengan masyarakat,” tambah Boediono.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya, Arini Pakistyaningsih menyampaikan SGE 2017 yang memasuki tahun ke delapan akan dikemas lebih spesial dibanding tahun-tahun sebelumnya. Ini karena produk-produk yang dipamerkan akan lebih berkualitas. “Ibu walikota sudah berpesan kepada kami supaya Surabaya Great Expo kali ini tidak biasa-biasa saja. Karena itu, kami berupaya agar SGE tahun ini menjadi event yang spesial,” jelas Arini.

Arini menyampaikan, Surabaya Great Expo akan menjadi kesempatan besar bagi para pelaku UKM di Kota Surabaya untuk mengenalkan produk-produknya ke pasar yang lebih luas. Terlebih, UKM binaan Pemerintah Kota Surabaya yang berkesempatan memamerkan produknya di SGE adalah merupakan UKM-UKM terpilih.

Karenanya, Arini meyakini produk-produk asli UKM Surabaya akan bisa bersaing dengan produk luar kota maupun luar negeri. Selain UKM dari Surabaya, SGE juga diikuti beberapa kota/kabupaten, BUMD/BUMN dan juga produk perbankan.


“Boleh dibandingkan produk-produk UKM kita dengan produk serbuan dari luar negeri. Saya optimistis, produk-produk UKM kita tidak kalah kualitasnya dengan produk dari luar negeri. Apalagi, UKM yang ikut SGE ini merupakan pilihan. Selain produknya berkualitas, UKM tersebut juga kontinyu berproduksi dan punya potensi,” papar Arini. (erha)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites