Senin, 31 Juli 2017

Pramuka NTT Dibekali Kemampuan Medsos untuk Bantu Majukan Pariwisata


RADARMETROPOLIS: (Kupang) - Sebanyak empat ratus delapan puluh empat anggota Gerakan Pramuka NTT dibekali kemampuan mempromosikan pariwisata provinsinya di media sosial. Bekal ini penting, karena kecintaan peserta Raimuna ini pada NTT dan NKRI sudah tidak bisa diragukan lagi.

"Ada tiga modal yang harus dimiliki untuk bisa mempromosikan daerah di media sosial, yaitu cinta, media sosial dan kreatifitas. Untuk yang pertama dan kedua sudah dimiliki Pramuka NTT, sedang yang ketiga terus ditingkatkan,” ujar Hariqo Wibawa Satria, Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka dalam paparannya di hadapan peserta Raimuna Daerah NTT VI, di Bumi Perkemahan Waijarang, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, Sabtu (30/7/2017) petang.

Di tengah menyampaikan materi, Hariqo bertanya siapa diantara peserta yang pernah mempromosikan NTT di media sosial. Hal ini langsung mendapat jawaban. Banyak peserta yang mengangkat tangan.

"Kecintaan mereka pada NTT dan NKRI sudah tidak diragukan lagi, tinggal dibekali kemampuan membuat video dengan telepon genggam dan jurnalistik dasar. Tadi kita praktek langsung, bagaimana melaporkan sesuatu di depan kamera handphone,” ujar Hariqo.

Sementara itu, Lusia Adinda Lebu Raya, Ketua Kwarda NTT yang juga Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, menjelaskan bahwa tagline Gerakan Pramuka di media sosial yaitu setiap Pramuka adalah kantor berita, maksudnya setiap Pramuka memiliki kemampuan memberitakan kegiatan Pramuka, potensi daerah, dan lainnya di media sosialnya masing-masing.

"Setiap Pramuka punya media sosial. Ini harus diarahkan pada hal-hal yang produktif,” kata Lusia, di Lembata.

Selain mengenai media sosial, peserta Raimuna Daerah NTT juga mendapatkan materi tentang U-Report, kerjasama Kwarnas Gerakan Pramuka dengan UNICEF. Materi ini disampaikan Luqman Hakim Arifin (Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka), Adnan Mubarak (UNICEF) dan Deddy Tames (Ketua DKD NTT).

Sebagai informasi, Raimuna Daerah VI NTT berlangsung mulai 27 Juli hingga 1 Agustus 2017, dibuka Wakil Gubernur NTT, Beni Litel Noni. Tema kegiatan adalah Semangat Muda Bangun Asa, Wariskan yang Terbaik bagi Bumi Flobamora, Satyaku Kudharmakan, Dharmaku Kubaktikan. Slogan: Baleo Kibar.


Kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan, pengalaman serta mempererat persaudaraan antar-Pramuka atau pemuda se-NTT. Peserta juga mengunjungi sejumlah tempat wisata di Kabupaten Lembata, seperti mendaki puncak Ile Lewotolok, Desa Nelayan Lamalera serta berwisata ke Bukit Cinta dan Bukit Doa yang tidak jauh dari bumi perkemahan. (man)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites