SELAMAT HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2017

Jumat, 21 Juli 2017

Tolak Paripurna RUU Pemilu, 3 Pimpinan DPR Ikut Walk Out


RADARMETROPOLIS: (Jakarta) - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyerahkan palu rapat paripurna pengambilan keputusan terhadap Rancangan Undang-Undang Pemilu di Gedung DPR kepada Ketua DPR Setya Novanto, Kamis (20/7/2017).

Sejurus kemudian dua pimpinan lainnya, yakni Taufik Kurniawan dari Fraksi PAN dan Agus Hermanto dari Fraksi Partai Demokrat juga ikut keluar, karena fraksi mereka melakukan aksi walk out. Sementara, Fahri Hamzah tetap duduk di meja pimpinan menemani Novanto.

Sehubungan dengan pelimpahan palu kepada Setyo Novanto, Fadli mengatakan bahwa hal itu dilakukan karena Fraksi Partai Gerindra menyatakan sikap untuk tidak ikut mengambil keputusan melalui voting terhadap RUU Pemilu sehingga melakukan aksi walk out. "Karena Fraksi Partai Gerindra walk out, maka palu sidang saya serahkan kepada Ketua DPR," kata Fadli.
Setelah mendapat penyerahan palu, Setyo Novanto langsung berinteraksi dengan anggota yang fraksinya setuju melakukan voting. "Izinkan rapat saya lanjutkan, ini adalah bentuk demokrasi yang ada. Kepada kawan-kawan fraksi tetap mengambil RUU ini, apakah bisa disetujui?" kata Novanto yang mengambil palu sidang.

"Setuju," kata peserta sidang.

Kemudian, Fahri memberikan penjelasan posisinya yang tetap berada di meja pimpinan menemani Novanto. Ia menyatakan tetap bertahan sebagai pimpinan dewan dan secara etis memang harus ada dua.

"Saya mengambil itu. Kedua, kalau ditanya sikap angket, karena saya satu-satunya yang berbeda dengan bapak-bapak, saya pilih B tapi tidak walkout," kata Fahri.


Lalu, sikap Fahri yang setia menemani Novanto diberikan apresiasi oleh seluruh anggota yang tetap bertahan di ruang rapat paripurna. Hal ini ditunjukkan dengan teriakan dan tepuk-tangan, termasuk Novanto. "Saya beri apresiasi yang besar," kata Novanto. (rez)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites