Selasa, 25 Juli 2017

Di Lampung Ada 89 Terduga Simpatisan ISIS Pulang Kampung


RADARMETROPOLIS: (Lampung) - Kapolda Lampung Irjen Sudjarno mengungkapkan saat ini di Lampung sedikitnya ada sebanyak 89 orang simpatisan ISIS. Mereka adalah warga asal Lampung yang baru dideportasi dari Suriah karena diduga simpatisan ISIS. Oleh karena itu mereka pulang kampong.

Untuk mencegah adanya simpatisan yang berpotensi menyebarkan paham radikal, pihaknya terus mengawasi kegiatan para terduga simpatisan ISIS tersebut. “Yang sudah dideportasi dari sana (Suriah) ada 89 orang. Mereka diduga simpatisan kelompok teroris ISIS. Keberadaannya terus kami pantau,” jelasnya.

Menurutnya, polisi juga mendeteksi sejumlah daerah di Lampung yang rawan disusupi para penyebar paham radikal seperti Kabupaten Pringsewu, Tanggamus, Bandar Lampung, dan Lampung Tengah. “Sejumlah daerah telah masuk dalam pemantauan intensif untuk mengantisipasi pihak-pihak yang berencana melakukan aksi teror. Kami juga bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Daerah, Badan Intelijen Negara (BIN) dan Densus 88 Antoi Teror untuk melakukan pengawasan,” sambungnya.

Selain mencegah paham radikal berkembang di tengah masyarakat, Polda Lampung juga gencar melakukan upaya kontraradikal melalui langkah preventif dan preemtif (pembinaan). “Kami bentuk unit intelijen sebagai deteksi dini. Sedangkan Unit Binmas bertugas melakukan langkah preventif,” ungkap Irjen Sudjarno.


Selain itu Polda Lampung juga merangkul pihak-pihak dari kelompok moderat dan kelompok garis keras, kemudian bekerjasama dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk melakukan pendekatan kontra radikalisasi. (edw)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites