Jumat, 28 Juli 2017

Soekarwo Desak Pusat Segera Impor Garam


RADARMETROPOLIS: (Ponorogo) – Gubernur Soekarwo mendesak pemerinta pusat segera mengimpor garam. Sebab kelangkaan garam di Jawa Timur sudah merata ke seluruh kabupaten/kota. Bahkan, menurut Gubernur yang akrab dipanggil Pakde Karwo itu, Kabupaten Sampang pun saat ini juga mengalami kekurangan. Padahal Sampang selama ini dikenal sebagai penghasil garam.

"Langkanya sudah merata. Tidak hanya satu dua kabupaten saja. Tapi merata. Di Sampang yang penghasil garam saja kekurangan," kata Pakde Karwo, saat acara Hargarnas di Ponorogo, Kamis (27/7/2017) lalu.

Menurut Pakde saat ini keperluan garam di Jatim ada 172 ribu ton, namun hanya terpenuhi 123 ribu ton. Masih kurang 50 ribu ton.

Sehingga, memang mendesak untuk impor garam. Tapi bukan untuk provinsi Jatim. "Memang mendesak untuk segera impor garam. Tapi itu urusan pemerintah pusat. Bukan provinsi," tegasnya.

Mengenai kelangkaan garam di Ponorogo, diakui oleh Kepala Dinas Perdakum Ponorogo, Addin Andana Warih. Namun garam kasar, bukan garam untuk memasak.


Ia mengaku sudah meminta bantuan kepada pemprov. "Sudah kirim surat untuk dibantu. Kalau memang pemprov impor, ya kita harus sama. Karena tempat kita bukan produsen garam," tegasnya. (gun)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites