Minggu, 02 Juli 2017

Penerbangan Balon Raksasa Diwek Tandai Lebaran Ketupat di Jombang


RADARMETROPOLIS: (Jombang) - Sebagai penanda datangnya lebaran ketupat atau H+7 Lebaran, Minggu (2/7/2017), warga Desa Bandung dan Kedawong, Kecamatan Diwek, Jombang, menerbangkan balon udara berukuran besar.

Penerbangan balon tersebut diawali dengan kenduri ketupat di masing-masing mushola. Warga beramai-ramai membawa makanan khas lebaran tersebut untuk dimakan bersama-sama. Selanjutnya, warga berkumpul di depan mushola untuk melakukan 'ritual' balon udara.

Balon warna-warni sudah disiapkan. Kemudian drum bekas aspal juga terlihat di lokasi. Drum tersebut digunakan untuk pengasapan agar balon bisa terbang. Karena itu, di bawah drum tersebut sejumlah kayu terus dibakar. Perlahan-lahan balon udara yang sebelumnya kempis akhirnya mengembang. Tak lama kemudian melesat ke udara.

Warga yang memadati halaman mushola seketika bertepuk tangan. "Ini merupakan tradisi setiap tahun, yakni saat lebaran ketupat atau H+7 Lebaran," ujar Masruri (47), salah satu warga Desa Bandung.

Ia mengatakan, tradisi melepas balon pada H+7 lebaran sudah dilakukan puluhan tahun oleh warga Kecamatan Diwek. Makna yang tersirat dari tradisi ini adalah melepaskan segala dosa setelah hari raya.


"Seminggu sebelumnya kita sudah melakukan iuran sukarela untuk membuat balon tersebut. Nah, hari ini balon raksasa itu kita terbangkan. Penerbangan balon dilakukan di tiap-tiap mushola," ujarnya. (pen)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites