Minggu, 02 Juli 2017

Bakamla RI Selamatkan 80 Penumpang Kapal Terbakar di Kaltara


RADARMETROPOLIS: (Jakarta) - Kapal KM Tawindo II berpenumpang 80 orang, terbakar di laut lepas. Para personel Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla) RI melakukan tindakan sigap. Dengan menggunakan kapal patroli tim langsung meluncur ke lokasi untuk menyelamatkan nyawa puluhan jiwa.

Menurut Humas Bakamla RI, Sabtu (1/7/2017), kejadian itu berlangsung pada Jumat (30/6) kemarin. KM Tawindo II yang dinakhodai Mansur sedang dalam perjalanan dari Tawau melintasi Perairan Tanjung Ahus, Karang Banda, menuju Tarakan, Kalimantan Utara. Api muncul dari kamar mesin kapal, pukul 13.15 WITA. Mesin induk sebelah kiri dengan cepat dilalap api.


Lantamal XIII Tarakan menerima informasi kejadian itu, kemudian menghubungi KAL Bokori yang sedang patroli rutin. KAL Bokori yang dikomandani Letda Laut (P) Aris Yuwono segera meluncur. Upaya penyelamatan (Search and Rescue) dilakukan di lokasi, yakni di perairan Tanjung Ahus, Nunukan, Kalimantan Utara.

Karena kejadian tersebut, kondisi mesin kapal rusak cukup parah sehingga tidak dapat melanjutkan perjalanan. Selanjutnya para awak kapal dan penumpang dievakuasi menggunakan KM Dua Putra untuk melanjutkan perjalanan ke Tarakan.

Kapal tiba pukul 16.00 WITA di lokasi kejadian. Evakuasi terhadap seluruh ABK dan penumpang ke KM Dua Putra berhasil dilakukan.

"Para ABK beserta 80 penumpang berhasil diselamatkan," kata Bakamla RI lewat keterangan yang disahkan oleh Kasubbag Humas Bakamla RI, Kapten Marinir Mardiono.


Akibat kejadian tersebut, kondisi mesin kapal rusak cukup parah sehingga tidak dapat melanjutkan perjalanan. Selanjutnya para awak kapal dan penumpang dievakuasi menggunakan KM Dua Putra untuk melanjutkan perjalanan ke Tarakan. (rez)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites