Senin, 03 Juli 2017

Cari Urban Liar, Dispendukcapil Surabaya Razia Kos


RADARMETROPOLIS: (Surabaya) – Untu mencari urban liar usai musim mudik, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya menggelar razia tempat kos di kawasan Kecamatan Genteng, Kelurahan Peneleh, Senin (3/7/2017).

Dalam menjalankan operasi urbansasi tersebut Dispendukcapil Kota Surabaya berkoordinasi dengan Satpol PP Kecamatan Genteng, beserta Linmas.

Namun dari sekurangnya tiga lokasi yang didatangi petugas, ternyata petugas belum menemukan adanya warga masyarakat dari luar kota Surabaya yang tidak mengantongi identitas atau tanpa surat keterangan yang jelas.

Suharto Wardoyo, Kepala Dispendukcapil Kota Surabaya, mengatakan bahwa razia tersebut memang selalu dilakukan usai Lebaran. Mulai dari sejumlah tempat kos, juga di kawasan-kawasan yang menjadi tempat berkumpulnya warga masyarakat.

"Kami langsung menggelar razia usai libur Lebaran tahun ini. Yang kami sasar adalah warga masyarakat pendatang yang memang tidak memiliki identitas resmi atau sah. Termasuk kami akan tanyakan juga pekerjaannya di Surabaya sebagai apa," ujar.

Kalau mereka tidak dapat menunjukkan surat resmi, identitas, dan tanpa pekerjaan serta tidak mempunyai keterampilan adalah sangat riskan dan rawan. "Karena itu, razia ini kami gelar sebagai upaya mengantisipasi hal itu. Tanpa identitas, dan tanpa keterampilan, rawan menjadi pelaku kriminal," kata Suharto.


Nantinya, razia semacam ini akan terus digencarkan di seluruh wilayah Kota Surabaya, sebagai upaya mengantisipasi datangnya masyarakat luar Surabaya tanpa identitas dan tanpa keterampilan pasca Lebaran. (hw/ar)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites