Kamis, 28 September 2017

Gubernur Soekarwo Panggil Lima Daerah Gagal Target Imunisasi MR


RADARMETROPOLIS: Surabaya - Gubernur Jawa Timur Soekarwo memanggil lima pemerintahan kabupaten dan kota yang dinilai masih belum bisa memenuhi target nasional sebesar 95 persen dalam melaksanakan imunisasi serentak vaksin Measles Rubella (MR) di seluruh Jawa Timur.

Lima daerah itu yakni Kota Batu, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sumenep, dan Kabupaten Lumajang.

Pakde Karwo menyatakan pelaksanaan imunisasi vaksin MR di Jatim sudah mencapai hasil yang cukup menggembirakan dengan prosentase pencapaian secara menyeluruh hingga 103,06 persen.

“Secara garis besar Jatim sudah memenuhi target. Tapi ada lima daerah ini yang masih belum memenuhi target nasional,” ujarnya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (27/9/2017).

Dari data yang masuk di Unicef per 26 September 2017, Kota Batu masih mencapai 92 persen, Kabupaten Pamekasan (90 persen), Kabupaten Bangkalan (89 persen), Kabupaten Sumenep (89 persen) dan Kabupaten Lumajang (77 persen).

“Untuk Lumajang sudah menyanggupi dan bisa mencapai 95 persen sebelum tanggal 30 September mendatang. Dan kita sepakat akan kita tambah selama 2 minggu lagi,” katanya.

Sedang untuk empat daerah lainnya, Pakde Karwo akan memerintahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim untuk terjun ke empat wilayah tersebut.

“Nanti kita pusatkan di Dinas Kesehatan saja. Dan nanti setiap saat akan kita pantau bersama perkembangannya,” kata Pakde.

Selain membentuk tim, Pakde Karwo juga meminta kepada seluruh unsur, mulai Kepala Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Kanwil Agama, MUI, Muhamadiyah, NU, Fatayat, Muslimat hingga Babinsa dan Babikamtibmas di seluruh kabupaten/kota ikut membantu mencapai pemenuhan target tersebut.

“Kita berharap agar empat daerah tadi bisa mencapai di atas 95 persen lah. Karena kita harus bisa memberikan sumbangan kepada anak-anak kita dalam tumbuh kembang mereka,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Unicef untuk Pulau Jawa Arie Rukmantara menyampaikan rasa terima kasih dan bangganya atas pencapaian yang sudah dilaksanakan di Jawa Timur.

“Kampanye imunisasi vaksin MR di Pulau Jawa paling timur ini sudah memenuhi target secara nasional. Jika dibanding dengan provinsi lain di seluruh Indonesia, Jawa Timur sudah mencapai 103,06 persen,” ungkapnya.

Meski terdapat lima kabupaten/kota di Jatim yang masih belum memenuhi target, diharapkan hingga dua minggu ke depan ketertinggalan tersebut mampu terpenuhi.


“Ini semua kita apresiasi dengan baik. Untuk itu kita memberikan penghargaan setinggi-tingginya sebagai provinsi teladan. Tidak hanya regional saja, tetapi secara dunia. Dan rencananya akan kita agendakan (diundang Unicef menerima penghargaan),” tandasnya. (sr)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites