SELAMAT HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2017

Selasa, 12 September 2017

Kapasitas Lapas Jawa Timur 11 Ribu Dihuni 23.500


RADARMETROPOLIS: Surabaya - Lembaga pemasyarakatan atau rumah tahanan di Jawa Timur mengalami kelebihan kapasitas penghuni. Saat ini jumlah narapidana yang ditampung sekitar 23.500 narapidana. Padahal sesuai kapasitas seharusnya hanya menampung sebanyak 11 ribu narapidana. Ini berarti terjadi kelebihan kapasitas penghuni hingga lebih dari 100 persen.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Susy Susilawati, Selasa (12/9/2017) bahwa dari sekian lapas dan rutan tersebut yang paling banyak penghuninya adalah Lapas Klas I Surabaya di Porong Sidoarjo dan Rumah Tahanan Klas I Surabaya di Medaeng Sidoarjo.

"Salah satu upaya kami untuk mengatasi permasalahan over kapasitas ini, kami melakukan redistribusi narapidana ke lapas lain yang penghuninya lebih sedikit," katanya.

Ia menerangkan lebih lanjut bahwa seluruh lapas di Jawa Timur rata-rata memang kelebihan kapasitas dengan prosentase yang berbeda beda.

"Ada yang 30 persen ada yang 50 persen dan bahkan ada juga yang lebih dari 100 persen. Itulah gunanya kami melakukan redistribusi narapidana tersebut," ujarnya.

Saat ini pihaknya akan terus berupaya semaksimal mungkin supaya permasalahan kelebihan kapasitas ini bisa segera diatasi.

"Salah satunya dengan membangun lembaga pemasyarakatan baru atau juga dengan cara penambahan ruangan di dalam lapas yang sudah ada saat ini," ujarnya.

Di sisi lain, saat ini pihaknya juga sudah melakukan seleksi terhadap ribuan orang pelamar yang akan bekerja menjadi pegawai di Kanwil Kemenkumham Provinsi Jawa Timur.


Ribuan orang pegawai tersebut sebagian besar akan ditempatkan sebagai penjaga tahanan dan juga di tempat lainnya yang membutuhkan pegawai. (sr)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites