Selasa, 12 September 2017

Mega Janjikan Hadiah yang Bikin Surabaya Makin Sejuk


RADARMETROPOLIS: Surabaya - Kunjungan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ke Surabaya, bersama sejumlah kepala daerah, Senin (11/9/2017) menjanjikan hadiah yang sangat bermanfaat bagi Kota Pahlawan. Presiden kelima RI yang juga Penasehat Yayasan Kebun Raya Indonesia ini bakal memberikan hadiah banyak tanaman untuk Surabaya. Yaitu tanaman pohon Baobab, pohon Gayam, dan bunga Anggrek.

Selain itu putri Proklamator tersebut juga akan memberikan ikan sapu-sapu yang bakal disebar di danau-danau yang ada di taman Surabaya. Hal itu disampaikan Mega saat berkunjung ke Kebun Bibit Wonorejo usai makan siang di Kediaman Walikota Surabaya.

Pada saat jalan-jalan di wilayah Surabaya ternyata Megawati mengamati tanaman yang menghiasi jalan dan taman-taman kota. Mencermati, apa yang kira-kira belum ada di Surabaya.

"Saya suka jalan saja di Surabaya, lihat pohon apa yang belum ada di Surabaya, yang mungkin bisa mempercantik kota ini. Lalu saya bilang ke Mbak Risma, saya akan beli pohon Baobab," ujar Mega.

Saat mengutarakan niatnya memberi pohon berjuluk pohon botol itu, Mega mengaku Risma sempat tidak tahu pohon Baobab seperti apa. Namun, Mega menegaskan segera mengirim pohon asli Afrika itu ke Surabaya.

"Saya juga bingung jelasinnya gimana. Sudah nanti tak kirim saja ke Surabaya," kata Mega.

Begitu juga dengan bunga anggrek yang menjadi koleksi Mega, dipastikan akan dibawa sebagian ke Surabaya untuk mempercantik taman-taman Kota Pahlawan.

Tidak hanya itu pohon Gayam juga akan diberikan ke Surabaya sebagai hadiah. Pohon Gayam menurut Mega memiliki filosofis cukup bagus, yakni bisa membuat tenteram. Hal ini sesuai dengan namanya yang berasal dari bahasa Jawa yang berarti gayang.

Pohon ini juga memiliki fungsi menjernihkan air. Yang diharapkan bisa ditanam di titik-titik strategis di Surabaya agar semakin hijau.

"Sekarang Surabaya sudah banyak berubah, warga kota ini harus bersyukur. Saya ingat dulu kalau konsolidasi partai di Surabaya itu antara keringat dan mandi itu tidak ada bedanya. Sekarang sudah banyak angin di Surabaya," puji Mega.

Menurutnya kiprah Risma sebagai kepala daerah patut diapresiasi. Bahkan mampu membawa Surabaya ke mata dunia.

"Kemarin saya sempat mau diajak Mbak Risma ke New York, tapi saya jawab wegah, jauh. Namun yang ingin saya sampaikan prestasi Mbak Risma ini tentu tidak diraih semudah membalikkan telapak tangan," kata Mega.

Selama jalan-jalan di Kebun Bibit Wonorejo, Mega sempat mengitari taman seluas enam hektare tersebut. Ia cukup takjub lantaran taman ini asri dan teduh.

Sedang Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengucapkan terima kasih karena akan dibantu banyak tanaman untuk melengkapi koleksi tanaman di Surabaya.

Ia ingat, Mega memang banyak berperan memberinya saran untuk menghijaukan Surabaya.

"Di tengah kota butuh tanaman yang banyak mengeluarkan oksigen, kami berterimakasih karena banyak dibantu tanaman oleh bu Mega. Di kenjeran saya tanami cemara udang, itu atas ide Bu Mega," kata Risma.

Bahkan ide tersebut, dikembangkan di beberapa tempat ternyata bisa membantu meningkatkan kadar oksigen.

Sedangkan ikan sapu-sapu yang akan diberikan Mega, Risma menilai juga bakal sangat bermanfaat. Sebab ikan tersebut bisa membuat danau yang hijau kembali jernih dan bening.


"Nah yang bantuan Baobab itu pasti menarik. Sebab tanaman Baobab itu ternyata gede. Diameter pohonnya sampai seukuran sepuluh orang yang sedang bergandengan," kata Risma. (ar)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites