Selasa, 12 September 2017

Latihan Bersama Marinir Amerika - Indonesia Berakhir


RADARMETROPOLIS: Surabaya - Latihan Bersama antara Marinir Indonesia - Amerika di Pusat Latihan Pertempuran Korps Marinir Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Selasa (12/9/2017) secara resmi ditutup oleh Letkol Mar Prasetyo Pinandito Komandan Batalyon Infanteri-3 Marinir selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat).

Upacara penutupan Latihan Bersama yang bertajuk Latihan Bersama Marine Exercise bagian dari latihan Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2017 tersebut dipimpin oleh Komandan Upacara Kapten Marinir Yusuf Muchram Pribadi yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Kompi Eagle Yonif-3 Marinir.

Dalam penutupan tersebut dibacakan sambutan Asops Kasal Laksamana Muda TNI INGN Ary Atmaja, SE. Asops Kasal menyampaikan bahwa suatu kebanggaan bisa berada tahap akhir latihan Carat 2017.

Menurut Asops Kasal, Latihan Carat 2017, Marinir kedua negara pada khususnya dan Angkatan Laut kedua negara pada umumnya telah ikut berperan serta dalam mengukir sejarah antara Indonesia dan Amerika Serikat.

Sejarah tersebut menunjukkan semangat kebersamaan Angkatan Laut kedua Negara. Kebersamaan tersebut telah ditunjukkan dalam pelaksanaan seluruh fase latihan yang mengacu pada suksesnya kerja sama dan interaksi antar prajurit yang terjalin dengan baik.

Asops Kasal menyampaikan apresiasi kepada Angkatan Laut dan Marinir Amerika atas dedikasi, motivasi, dan semangat yang telah ditunjukkan selama latihan guna mensukseskan dan memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Asops Kasal kepada prajurit Angkatan Laut Indonesia yang telah menunjukkan keramahtamahannya kepada prajurit Angkatan Laut Amerika.

"Hal yang dapat saya pastikan, dengan terlaksananya latihan ini adalah tetap kokoh dan tidak tergantikannya hubungan baik antara Angkatan Laut Indonesia dan Amerika," tegasnya.

Sementara itu Komandan Batalyon Infanteri-3 Marinir Letkol Mar Prasetyo Pinandito selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) mengatakan latihan seperti ini sangat bermanfaat bagi marinir kedua negara. Selain dapat meningkatkan hubungan militer antara kedua negara juga untuk meningkatkan profesionalisme prajurit marinir kedua negara.

Kapten USMC Vincent Thompson menyampaikan ucapan terima kasih kepada prajurit Korps Marinir TNI AL yang telah bekerjasama dalam latihan ini.


"Ini merupakan kebanggaan bagi kami bisa berlatih bersama dengan prajurit Korps Marinir TNI AL. Banyak pengalaman baru yang kami peroleh selama mengikuti latihan. Kami berharap suatu saat nanti dapat berlatih kembali bersama kalian," pungkas kapten USMC, Vincent Thompson. (nis)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites