Jumat, 29 September 2017

Tolak dan Lawan PKI, Tiga Partai Politik Jatim Gelar Nobar Film G30S


RADARMETROPOLIS: Surabaya - Partai Gerindra-PAN-PKS kepengurusan daerah Jawa Timur menggelar nonton bareng film Pengkhianatan G30S/PKI. Acara yang diselenggarakan pada Jumat (29/9/2017) malam nanti di Dyandra Convention Center Surabaya itu dimaksudkan sebagai bentuk penolakan dan perlawanan terhadap PKI.

"Bagi kami bertiga, ideologi Pancasila dan NKRI adalah harga mati dan sudah tuntas. Komunis terbukti sudah beberapa kali berkhianat terhadap negeri ini. Karena itu kami tolak dan kami lawan," kata Ketua DPW PAN Jatim, Masfuk, tentang latar belakang digelarnya nobar film besutan sutradara Arifin C Noer itu.

Belakangan beberapa kalangan mewacanakan untuk mentolerir tindakan Partai Komunis Indonesia (PKI) atas pengkhianatannya terhadap NKRI. 

Pemerintah melalui Menkopolhukam RI secara tegas tidak menganjurkan serta tidak melarang pemutaran film G30S/PKI. Hal ini untuk mengakhiri polemik tentang pemutaran film ini. Namun, pihak TNI secara tegas menyerukan kepada seluruh jajarannya untuk memutar film tersebut.

Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad, menambahkan bahwa tujuan nobar film Pengkhianatan G30S/PKI dalam rangka menyambut Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober itu untuk mengedukasi masyarakat tentang sejarah masa lalu Indonesia.

"Generasi milenial perlu mendapat banyak informasi tentang PKI dan  peristiwa 1965, mestinya film ini diputar kembali di sekolah tiap tingkatan," tegas anggota DPRD Jatim ini.

Selain diputar di Surabaya, pemutaran film G30S/PKI, ketiga parpol tersebut masing-masing juga menginstruksikan kepada pimpinan cabang di 38 kabupaten/kota se Jatim untuk melakukan nobar serentak.

Dalam acara nobar nanti malam, panitia juga akan menghadirkan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko untuk memberikan pencerahan kepada sekitar 350 undangan yang hadir.


Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan kader dari masing-masing partai dan undangan kehormatan. "Seluruh anggota legislatif Jatim dari PAN, Gerindra, dan PKS dipastikan akan hadir semua," ujar Sekretaris DPW PKS Jatim Irwan Setiawan, salah seorang panitia acara yang dikenal juga sebagai anggota DPRD Jatim. (ar)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites