Rabu, 13 September 2017

Hakim Tolak dan Nyatakan Gugur Praperadilan Henry J Gunawan


RADARMETROPOLIS: Surabaya - Hakim PN Surabaya, Pujo Saksono, menolak dan menyatakan gugur demi hukum gugatan praperadilan yang diajukan oleh Direktur Utama PT. Gala Bumi Perkasa Henri J. Gunawan.

Dalam sidang pada Rabu (13/9/2017) tersebut hakim Pujo Saksono mengatakan bahwa tidak ada alasan atau dalil-dalil hukum yang kuat untuk mengabulkan permohonan praperadilan yang diajukan Henry J. Gunawan melalui tim kuasa hukumnya, M. Sidik Latuconsina.

Gugurnya permohonan praperadilan tersebut berdasarkan landasan hukum yang kuat, yakni mengacu pada pasal 82 ayat 1 huruf D KUHAP. Selain itu, fakta telah disidangkannya materi pokok perkara dalam kasus ini juga menjadi acuan Pujo dalam menjatuhkan putusan.

Ia pun mengatakan bahwa apabila permohonan pra peradilan tersebut diterima, tentunya akan mengganggu proses pemeriksaan materi pokok perkara yang saat ini telah disidangkan di PN Surabaya.

“Hal itu juga akan terjadi ketidakpastian hukum,” ucap Hakim Pujo Saksono saat membacakan amar putusannya di ruang sidang Kartika 2, Rabu (13/9/2017).

“Mengadili, menyatakan permohonan praperadilan Henry J. Gunawan gugur demi hukum,” kata Hakim Pujo mengakhiri pembacaan putusan. Berbarengan dengan itu ia mengetukkan palu sebagai tanda berakhirnya persidangan.

Sementara itu M. Sidik Latuconsina, selaku kuasa hukum Henry J. Gunawan, mengaku masih belum bersikap atas putusan ini. “Saya harus informasikan dulu ke klien, apakah klien mau lakukan upaya hukum atau tidak,” kata Sidik saat dikonfirmasi usai persidangan.

Kendati demikian mantan jaksa itu juga menyatakan jika putusan praperadilan tersebut bukanlah final. Sesuai pasal 81 KUHAP, pihaknya bisa saja melakukan upaya hukum. “Mahkamah Agung tidak boleh menolak,” ujarnya.

Sementara itu Darwis selaku kuasa hukum Kejati Jatim dan Kejari Surabaya tidak mau mengomentari putusan hakim praperadilan. “Kami akan fokus ke persidangan pidananya dan saya kira putusan ini sudah tepat,” kata Darwis usai persidangan.

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, bahwa permohonan praperadilan yang dilayangkan Henry J. Gunawan terhadap Kejati Jatim dan Kejari Surabaya tersebut mempermasalahkan tentang beberapa hal. Pertama, mempermasalahkan ketidakbsahan penetapan tersangka Henry J. Gunawan sebagai tersangka kasus penipuan dan penggelapan.

Selain itu, Henry juga mempersoalkan masalah penahanannya, dimana surat penahanan tidak dikirim ke pihak keluarga.

Kasus penipuan dan penggelapan tersebut dilaporkan oleh Notaris Caroline C Kalampung. Saat itu, Notaris Caroline mempunyai seorang klien yang sedang melakukan jual beli tanah sebesar Rp 4,5 miliar. Setelah membayar ke Henry, korban tak kunjung menerima Surat Hak Guna Bangunan (SHGB).


Namun, saat korban ingin mengambil haknya, Henry J. Gunawan mengatakan bahwa SHGB tersebut ada di tangan notaris Caroline. Namun setelah dicek, Caroline mengaku bahwa SHGB tersebut telah diambil seseorang yang mengaku sebagai anak buah Henry. Kabarnya, SHGB itu ternyata dijual lagi ke orang lain oleh Bos PT Gala Bumi Perkasa itu dengan harga Rp 10 miliar. (rie)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites