Jumat, 29 September 2017

Nyatakan Siap Maju, Khofifah Tak Kunjung Minta Restu Jokowi


RADARMETROPOLIS: Jakarta - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyatakan siap maju dalam pemilihan Gubernur Jawa Timur tahun 2018. Sejumlah partai dikabarkan sudah siap memberikan dukungannya kepada Khofifah. Namun, hingga sekarang Khofifah ternyata belum meminta restu kepada Presiden Jokowi. Akankah Khofifah tetap nekad untuk maju dalam Pilgub Jatim 2018 jika Presiden tidak mengizinkan ia meninggalkan kursi Mensos?

Ketika dikonfirmasi tentang aturan seorang menteri mencalonkan diri menjadi kepala daerah, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan tidak ada aturan yang menyebutkan menteri tersebut harus mundur dari jabatannya.

Namun, etikanya menteri itu harus melaporkan kepada Presiden selaku atasannya. Sebab akan menjadi aneh apabila satu orang merangkap jabatan. Selanjutnya apakah akan dapat restu atau tidak tergantung Presiden.

"Enggak ada ya (aturan yang menyatakan seorang menteri yang maju di pilgub harus mundur). Menteri mundur dan tidak kan tergantung presiden. Ya, udah. Mengajukan 'Pak saya mundur pak' mungkin sakit kek, capek, gitu kan, mengajukan izin," kata Tjahjo di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Kamis (28/9/2017).

Hanya saja menurut Tjahjo, ia belum mendengar kabar bila Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa sudah melapor dan meminta restu pada Presiden Joko Widodo untuk maju dalam Pilgub Jawa Timur tahun 2018.

Menurut Tjahjo, memang sudah menjadi keharusan Khofifah melapor dan meminta izin kepada Jokowi apabila ingin maju di Pilgub Jatim. Sebab, saat ini posisinya adalah pembantu presiden di Kabinet Kerja yang dipimpin oleh Jokowi.


Jadi, benarkah Khofifah benar-benar serius akan maju dalam Pilgub Jatim 2018? Meski sejumlah partai sudah siap memberikan dukungan pada Khofifah, tidak akan ada gunanya jika Khofifah tidak segera berupaya mengantongi restu Jokowi. Namun, karena keberadaan restu presiden hanyalah merupakan persoalan etika, akankah Khofifah akan tetap maju dalam Pilgub Jatim 2018 meski tidak diizinkan oleh Jokowi? Disini akan terlihat bagaimana sebenarnya keseriusan Khofifah. (rez)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites