Senin, 25 September 2017

Respon Gus Ipul Diunggulkan dan Dipasangkan dengan Anas


RADARMETROPOLIS: Surabaya - Dalam survei Alvara, Gus Ipul (Wagub Jatim Saifullah Yusuf) mendapat persetujuan tinggi responden ketika dipasangkan dengan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Lebih dari itu, survei ini juga menempatkan Gus Ipul unggul dari sisi popularitas dan elektabilitas dibandingkan kandidat lain, termasuk Khofifah Indar Parawansa. Atas hasil survei ini Gus Ipul belum berani berkomentar.

"Ya kita tunggu saja dulu semuanya ya. Saya belum berani berkomentar. Survei-survei itu hanya petunjuk. Tentu kita perhatikan, kita pertimbangkan. Dan selebihnya banyak yang perlu dipikirkan untuk menentukan calon wakil gubernur. Disamping soal kapabilitas dan akseptabilitas, juga kesepakatan partai koalisi dan mendengar suara tokoh-tokoh masyarakat," kata Gus Ipul kepada wartawan usai melantik kepengurusan Karang Taruna Jatim, di Gedung Cak Durasim, Senin (25/9/2017).

Mengenai menguatnya wacana Gus Ipul-Anas yang akan diusung koalisi PKB-PDIP dan partai lain, Gus Ipul menegaskan belum ada keputusan hingga hari ini. "Semua nama calon wakil gubernur yang muncul dalam survei dan wacana politik yang ada, memiliki pengalaman, berprestasi, dan pendukung. Salah satunya adalah nama mas Anas yang berpestasi, diakui publik dan menonjol," ujarnya.

Gus Ipul mengaku komunikasi dengan pimpinan parpol di Jatim berlangsung baik. Dengan PDIP baik, begitu juga dengan PAN. Komunikasi dengan semua pimpinan parpol di Jatim berjalan lancar. Semua mekanisme partai telah diikuti oleh Gus Ipul. Untuk itu ia menyerahkan keputusan kepada DPP partai masing-masing.

Diberitakan sebelumnya, survei Alvara menyebutkan dari aspek popularitas, Wagub Jatim Saifullah Yusuf (Gus lpul) berada di posisi teratas dengan tingkat pengenalan 90,2 persen. Posisi berikutnya adalah Mensos Khofifah lndar Parawansa sebesar 86,6 persen, Walikota Surabaya Tri Rismaharini 73,9 persen.

Kemudian, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat 28,4 persen, mantan Ketua MK Mahfud MD 26,3 persen, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas 22,3 persen.

Dari sisi elektabilitas untuk simulasi sebelas nama, hasilnya Gus lpul unggul dengan angka 32,4 persen. Disusul Khofifah 27,7 persen, Risma 16,1 persen, dan Azwar Anas 4,2 persen. Adapun Hasan Aminuddin mendapat 3,3 persen, Djarot 2,3 persen serta nama-nama lainnya di bawah 2 persen. Yang belum menentukan pilihan 11,6 persen.

Jika yang bertarung adalah tiga figur utama teratas, yakni Gus lpul, Khofifah, dan Risma, maka elektabilitasnya adalah Gus lpul sebesar 37,2 persen, Khofifah 31,8 persen, dan Risma 18 persen serta sisanya belum menentukan pilihan. Selisih Gus Ipul dan Khofifah hanya terpaut 5,4 persen.

Jika yang turun gelanggang hanya dua calon, yaitu Gus lpul dan Khofifah, Gus lpul unggul 10,7 persen dari Khofifah. Gus Ipul mendapat 46,6 persen dan Khofifah 35,9 persen. Sisanya belum menentukan pilihan.

Alvara Research Center juga menguji tingkat persetujuan terhadap nama pasangan bacagub dan bacawagub. Diambil dari tiga teratas sosok yang dinilai paling cocok sebagai cawagub, diperoleh sejumlah temuan.

Tingkat persetujuan pemilih terhadap Cawagub Azwar Anas berkisar 58-62 persen bila dipasangkan dengan cagub Gus Ipul, Khofifah, dan Risma.

Adapun cawagub Hasan Aminuddin memperoleh tingkat persetujuan 35-39 persen jika dipasangkan dengan ketiga figur cagub tersebut.


Cawagub Budi 'Kanang' Sulistyono mendapatkan tingkat persetujuan berkisar 22-25 persen bila dipasangkan dengan cagub Gus lpul, Khofifah, dan Risma. (sr)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites