Minggu, 09 Juli 2017

Tarian Paduan Budaya Surabaya-Jepang Buka CCI ke-13


RADARMETROPOLIS: (Surabaya) - Agenda Cross Culture International (CCI) ke-13 yang digelar oleh Pemkot Surabaya akan dibuka dengan tarian Remo dan Yosakoi yang merupakan paduan dua budaya. Kegiatan yang menampilkan tema Folk Art Festival ini juga akan menampilkan berbagai macam tari kesenian budaya Indonesia dan mancanegara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Widodo Suryantoro menerangkan bahwa acara tersebut dibagi menjadi dua sesi. Pertama tanggal 9 Juli dan tanggal 16-20 Juli 2017. Agenda pembukaan seni budaya dilaksanakan Minggu (09/06/2017) di halaman Taman Surya dengan menampilkan Tari Remo dan Tari Yosokoi.

Total peserta sebanyak 1.260 orang. Acara dibuka dengan Tari Remo Remaja yang ditampilkan oleh 12 grup yang terdiri dari anak usia 5 tahun hingga 16 tahun. Selanjutnya disambung Tari Yosakoi yang diikuti 40 grup yang terdiri dari sekitar 1000 orang.

Diinformasikan bahwa Jepang menjadi satu-satunya negara yang bakal menampilkan Tari Yosakoi di Taman Surya, karena negara Sakura tersebut telah menjalin hubungan kerjasama kota kembar atau yang biasa disebut sister city dengan Surabaya. Hal ini dimaksudkan agar muatan lokal kedua negara seimbang.

Widodo berharap dengan digelarnya acara CCI tersebut warga Surabaya bisa mengetahui berbagai macam tarian dari negara-negara mancanegara. “Begitu pula dengan negara asing, mengetahui jenis tarian Surabaya yakni Tari Remo,” ujar Mantan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) itu.

Selain tarian, kegiatan tersebut juga diisi penampilan musik dan seminar yang akan diisi oleh pelaku-pelaku seni dari luar Surabaya. Workshop seni ini nantinya akan menjadi ajang transfer ilmu bagi pelaku seni dan para peserta yang ikut dalam workshop tersebut.

Para penampil berasal dari sejumlah kota, diantaranya Surabaya, Jogjakarta, Bali, dan Aceh. Sementara dari luar negeri, akan hadir tujuh negara, yaitu China, Rusia, Slovakia, Kanada, Polandia, Thailand, dan Lithuania.

“Jumlah peserta luar dan dalam negeri yang akan mengisi acara CCI belum resmi, nanti akan bertambah, kita masih memiliki waktu 9 hari,” kata Widodo.

Dalam pelaksanaannya festival  CCI akan digelar di beberapa lokasi, antara lain Taman Surya, Gedung Balai Pemuda, Gedung Balai Kota, Gedung eks-Siola, Balai Budaya Surabaya, Taman Bungkul, G-Walk Citraraya Surabaya, Ciputra World, dan Royal Plaza.

Dalam acara yang berlangsung tanggal 16-20 Juli 2017, seluruh peserta lintas budaya yang berasal dari perwakilan, baik dalam dan luar negeri, akan memaradekan atau memperkenalkan sekaligus mempromosikan budaya mereka.


“Mereka berjalan sepanjang 4,8 km dengan rute start dari Taman Bungkul dan Finish di Monumen Bambu Runcing,” kata Widodo. (hw/rie)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites