Jumat, 25 Agustus 2017

Peran Polisi Jaga Kamajemukan Bangsa Sangat Dibutuhkan


RADARMETROPOLIS: Jakarta - Peran aparatur kepolisian dalam membina harmonisasi masyarakat sangat diperlukan. Hal ini untuk memupuk rasa saling menghormati dan menghargai satu dengan yang lain atau yang dikenal dengan toleransi sesama, terlebih di tengah kemajemukan bangsa Indonesia.

Demikian disampaikan oleh Ketua Umum Sahabat Polisi, Fonda Tangguh dalam diskusi yang bertajuk “Sinergisitas Masyarakat dan Polri Dalam Menjaga Pluralitas Kebangsaan” di Hotel Alia Cikini, Jakarta, Jum’at (25/8/2017).

Dia melanjutkan, cara efektif salah satunya yang dilakukan diantaranya dengan cara membangun sebuah dialog yang masuk dalam living human document hingga mempercakapkan persoalan kemanusiaan melalui bahasa agama yang mampu mengangkat harkat martabat.

Menurut Fonda, Polri sebagai salah satu elemen pemerintah sangat pas untuk berperan membina masyarakat dalam menjaga kondusivitas kemasyarakatan. Hal tersebut dalam kerangka menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, karena polisi merupakan aparat yang paling dekat dengan masyarakat.

Selain menjaga kondusivitas kemasyarakatan, polisi juga dapat melakukan penegakan hukum dengan wewenang untuk menangkap, memeriksa, dan menggeledah.

“Yang kesemuanya bersentuhan langsung dengan HAM serta terkait dengan kepentingan masyarakat,” ujar Fonda.


Meski demikian, jika ada kekurangan atau ketidakpuasan, polisi pun sering menjadi sorotan. “Hal ini kemudian membuktikan jika tugas yang diemban polisi memang sangat berat dan sangat kompleks serta membutuhkan jiwa besar dan profesionalisme yang handal serta perlu dukungan semua elemen masyarakat,” kata Fonda. (rez)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites