Senin, 28 Agustus 2017

Pakde Karwo Lantik 114 Panwaslu


RADARMETROPOLIS: Surabaya - Gubernur Jawa Timur Soekarwo melantik sebanyak 114 anggota Panwaslu dari 38 kabupaten/kota se-Jatim. Mereka akan mengemban tugas untuk mengawasi pergelaran Pilkada Serentak 2018 hingga Pilpres/Pileg 2019.

Usai pelantikan, Soekarwo berpesan sejumlah hal kepada para anggota Panwaslu. Salah satunya diminta menjalankan tugas dan melakukan koordinasi yang baik.

“Koordinasi dilakukan dengan kepala daerah bersama forkompimda. Yang pasti harus aktif berkomunikasi dan berkoordinasi,” kata Pakde Karwo usai pelantikan di Ruang Hayam Wuruk Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan Surabaya, Senin (28/8/2017).

Menurutnya, berkaca dari pelaksanaan Pilkada serentak 2015 di Jatim telah berjalan dengan baik. Namun ada sejumlah hal yang masih perlu diperbaiki.

Gubernur dua periode itu menyebut masalah koordinasi sebagai hal yang perlu diperbaiki. Ia menegaskan koordinasi yang dimaksud itu yakni dengan seluruh instansi terkait.

“Panwaslu harus aktif datangi kepala daerah yang ada. Kapolres, Dandim, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, hingga forum pimpinan DPRD,” katanya.

Ia menjelaskan koordinasi jaringan tersebut agar dapat saling terbuka, sehingga bisa diambil langkah apa yang perlu didukung.

“Dengan Dandim dan Kapolres ini penting, karena ada Babinsa (Bintara Pembina Desa) dan Babinkamtibmas (Bintara Pembina Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat) yang bisa memberikan informasi,” pungkas Ketua DPD Partai Demokrat Jatim ini.

Sementara, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur Sufyanto menambahkan tugas Panwaslu akan berat. Sebab dari segi tahapan, selain Pilgub Jatim juga akan ada Pilkada di 18 kabupaten/kota di Jatim.

“Apalagi nanti Oktober ini juga akan jalan tahapan Pileg/Pilpres yang menurut aturan di Pasal 167 UU Nomor 7/2017 tentang pemilihan umum, itu tahapannya harus mulai dilakukan 20 bulan sebelum hari pungutan suara. Nah jadwal pelaksanaan Pileg/Pilpres itu April 2019,” ungkapnya.

Dengan demikian mulai Oktober 2017 mendatang Panwaslu punya tugas yang beruntun. Tidak hanya menjalankan tahapan Pilgub Jatim 2018 dan Pilkada Serentak 2018 di kabupaten/kota Jatim, tapi juga Pileg/Pilpres Serentak 2019.


“Jadi, Panwaslu ini akan menjalankan empat tahapan sekaligus,” jelas Sufyanto. (rie)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites