Kamis, 03 Agustus 2017

Jatim Raih Penghargaan Nirwasita Tantra


RADARMETROPOLIS: (Jakarta) - Provinsi Jawa Timur mendapat penghargaan Nirwasita Tantra. Penghargaan berupa satu piala bergilir dan satu piala tetap ini diterima oleh Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mewakili Gubernur Jatim Soekarwo.

Pemberian penghargaan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya bersama Menko Perekonomian Darmin Nasution di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jakarta, Rabu (2/8/2017), serta disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya menjelaskan Nirwasita Tantra adalah penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan, dan atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Penilaiannya dilakukan berdasarkan dokumen Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD), yang saat ini berganti menjadi Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD).

Selain penghargaan bergengsi yang berhasil diraih Pemprov Jatim tersebut, sebanyak 31 penghargaan Adipura juga diraih oleh para bupati/walikota di Jatim. Penghargaan lainnya yang diterima adalah 1 penghargaan Kalpataru dan 1 penghargaan Adiwiyata.

Peraih penghargaan Adipura Kencana dari enam kabupaten/kota di Indonesia, tiga diantaranya diraih oleh Jawa Timur, yakni Kota Surabaya, Kota Malang dan Kabupaten Jombang.

Penghargaan Adipura Kencana ini diberikan karena pemerintah kabupaten/kota tersebut minimal sudah tiga kali berturut-turut meraih penghargaan Adipura.

Untuk penghargaan Adipura diraih oleh 23 kabupaten/kota dan 5 berupa Sertifikat Adipura. Sedangkan penerima penghargaan Kalpataru dari Jawa Timur adalah Kelompok Nelayan Samudera Bakti dari Banyuwangi dan penghargaan Adiwiyata diraih oleh SMPN 11 Surabaya.

Keberhasilan yang diraih Jatim kali mendapat tanggapan positif berbagai pihak. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menilai keberhasilan yang diraih Jatim kali ini karena keberhasilan para stakeholder dalam memperbaiki kualitas lingkungan hidup.

“Dalam penerapan Program Adipura perlu dilakukan terobosan-terobosan baru yang mengarah pada peningkatan dampak positif dari program Adipura itu sendiri,” ujarnya.

Sementara, Presiden RI Joko Widodo menekankan agar setiap stakeholder membuat terobosan baru dalam pengelolaan hutan. Dan juga, harus dikelola dengan serius dan benar.

“Apabila dikelola dengan baik secara konsisten dan dilakukan secara terus-menerus hasilnya akan bagus,” kata Presiden Jokowi.

Presiden meminta Indonesia harus mencontoh pengelolaan hutan di negara lain seperti Swedia dan Finlandia. Ekonomi di kedua negara tersebut 80 persennya ditopang oleh pengelolaan hutan. Hal baik seperti itu, harus bisa diduplikasi dan diterapkan di Indonesia.


“Hutan harus bisa memakmurkan dan mensejahterakan rakyat. Khususnya warga di sekitar hutan yang selama ini masih miskin,“ kata Jokowi.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites