Jumat, 04 Agustus 2017

Di Ponpes Tremas Pacitan La Nyalla Inginkan Beasiswa ke Luar Negeri untuk Guru Diniyah


RADARMETROPOLIS: (Pacitan) – Dalam kunjungannya ke Pondok Pesantren Tremas bakal calon Gubernur Jawa Timur, Ir. H. La Nyalla Mahmud Mattalitti, mengatakan perlunya pemerintah memberikan beasiswa kepada guru diniyah untuk meningkatkan kompetensinya. Para guru diniyah terpilih bisa diberi beasiswa untuk studi di dalam maupun luar negeri.


Kamis (03/08/2017), Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim tersebut bersilaturahim ke Pondok Pesantren Tremas, Pacitan.

La Nyalla bertemu sejumlah pengasuhnya, di antaranya KH Lukman Hakim yang akrab disapa Gus Lukman dan KH Fuad Habib Dimyati atau Gus Fuad.

La Nyalla mengatakan, Ponpes Tremas memiliki peran sangat strategis untuk membentuk generasi Qurani yang bermanfaat besar bagi masyarakat. Di pesantren yang telah berusia ratusan tahun itu, La Nyalla berdialog dengan pengasuh dan sejumlah santri.

“Alhamdulillah senang sekali bisa sowan ke sini. Tadi Gus Lukman titip pesan agar pemerintah memperhatikan guru-guru diniyah yang Hafiz atau hafal Alquran. Guru-guru itulah pencetak Hafiz-Hafiz muda, generasi Qurani baru yang akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Nah, pemerintah provinsi harus hadir untuk mendukung eksistensi guru-guru Hafiz tersebut,” ujar mantan Ketua Umum PSSI ini.

Menurut La Nyalla negara mempunyai utang budi besar kepada para guru diniyah. Sebab, merekalah yang bekerja keras tanpa pamrih membentuk karakter generasi muda.

“Memang beliau-beliau itu tidak mengharapkan pamrih. Tapi tentu tidak elok jika Pemprov Jatim mengabaikannya. Negara harus hadir,” tuturnya.

La Nyalla juga menggarisbawahi perlunya pemerintah memberikan beasiswa kepada guru diniyah untuk meningkatkan kompetensinya. Para guru diniyah terpilih bisa diberi beasiswa untuk studi di dalam maupun luar negeri.


Menurut La Nyalla pemerintah provinsi mempunyai uang banyak. Kalau setahun memberangkatkan 100 guru diniyah studi lanjut ke Mesir, Arab Saudi, Malaysia pasti bisa. Selain itu ada juga alokasi beasiswa lanjut ke universitas-universitas Islam di Indonesia. (gun)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites