Selasa, 01 Agustus 2017

Setahun Terakhir PT Garam Tak Punya Garam


RADARMETROPOLIS: (Sampang) – Dalam setahun terakhir ini ternyata PT. Garam sama sekali tidak mempunyai garam. Hal ini diketahui ketika anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Ahmad Nawardi, melakukan inspeksi mendadak ke gudang penyimpanan garam milik PT. Garam di Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang, Madura. Alhasil gudang sebesar itu terlihat kosong melompong tanpa garam sebutirpun.

Kelangkaan garam yang terjadi akhir-akhir ini mendorong Ahmad Muwardi melakukan sidak ke PT. Garam. Ternyata, kondisi kekosongan garam itu sudah terjadi sejak setahun terakhir. Sebab, pada tahun 2016 lalu produksi garam menurun drastis akibat anomali cuaca.

"Seharusnya dalam setahun bisa mencapai 80 ribu ton, namun tahun 2016 hanya 1.100 ton," terangnya, Selasa (1/7/2017).

Lanjut Nawardi, pada tahun 2017 ini, cuaca juga belum mendukung, yang seharusnya dari bulan Mei sampai saat ini sudah berhasil memproduksi sampai 30 ribu ton tapi hanya bisa memproduksi 150 ton.

"Kelangkaan garam terjadi karena hal-hal seperti itu, padahal pemerintah pusat pada tahun 2017 ini telah memberikan anggaran modal kepada PT. Garam sekitar Rp 70 miliar, tapi kami melihat hasil produksi garam di Madura sangat kecil sekali, ini berarti anggaran modal itu banyak silpanya," tegasnya.

Untuk itu, pihaknya mendorong pemerintah agar memberikan bantuan yang lebih besar langsung kepada para petani garam, karena seperti yang terlihat di lapangan ternyata kalau PT. Garam menggunakan geomembran yang mempunyai ketebalan 0,5 milimeter yang bisa bertahan selama 10 tahun tetapi geomembran yang dimiliki petani garam lebih tipis hanya 0,2 milimeter yang hanya bisa bertahan setahun.


"Kami berharap kepada pemerintah, terutama Menteri Kelautan dan Perikanan Ibu Susi, untuk memperhatikan hal ini," katanya. (lt)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites