Kamis, 05 Oktober 2017

Cegah Banjir, Pemkot Surabaya Tambah Kapasitas Rumah Pompa


RADARMETROPOLIS: Surabaya - Untuk mengantisipasi banjir pada saat musim hujan datang, Pemkot Surabaya memastikan akan menambah kapasitas rumah pompa. Terdapat lima titik yang menjadi sasaran.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya, Erna Purnawati, Rabu (4/10/2017).

Menurut Erna, dari lima titik tersebut, empat di antaranya dilakukan penambahan kapasitas pompa, sementara di satu titik lainnya, pemkot akan membuat rumah pompa baru.

"Yang kita tambah daya kapasitas pompanya ada di Tambak Wedi, Kalisari, Kebon Agung, Greges, dan Kalidami," kata Erna.

Sedangkan untuk rumah pompa baru ada di Kandangan. Rumah pompa ini menurut Erna saat ini masih dalam tahap pembangunan fisik. Setelah dilakukan proses yang cukup lama untuk pembebasan lahan warga, akhirnya saat ini rumah pompa mulai dibangun.

"Rumah pompa ini sebagai antisipasi banjir di kawasan Surabaya Barat. Sebab selama ini masih ada wilayah disana yang banjir," kata Erna.

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini juga tengah ada pengerjaan penambahan kapasitas rumah pompa di Greges. Namun, lantaran daya sedotnya sampai 3 meter kubik, sempat terjadi ambrol di lahan rumah pompanya.

"Akan tetapi sudah kita bereskan dengan penguatan struktur, tapi kapasitas perlu ditambah agar bisa bekerja lebih optimal," kata Erna.

Selain penambahan rumah pompa, dalam rangka antisipasi banjir, DPUBMP juga gencar melakukan normalisasi sungai.

Setiap harinya setidaknya ada sebanyak 45 alat berat yang dikerahkan untuk melakukan pengerukan sungai.

"Setahun ini setidaknya hasil pengerukan sudah mencapai 45.961 dump truck lumpur. Hasil alat berat kita yang kerja terus ngeruk sungai," kata Erna.

Sungai yang terlalu banyak endapan membuat sungai lebih cepat menguap dan tentunya bisa berdampak buruk pada warga kota Surabaya.


Sepanjang 2017, tercatat ada sebanyak 228.455 meter kubik lumpur yang berhasil diangkut oleh DPUBMP. (sr)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites