Senin, 02 Oktober 2017

DPR RI Jadwal Ulang Panggil Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo


RADARMETROPOLIS: Jakarta - Komisi I DPR RI menjadwal ulang pemanggilan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang sebelumnya terkendala gladi resik HUT TNI. Jenderal Gatot Nurmantyo dipanggil untuk memberikan klarifikasi atas pernyataannya terkait polemik impor senjata ilegal. Ratusan senjata saat ini ditahan Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI.

“Rencananya Selasa (3/10/2017), kami akan rapat dengan Menteri Pertahanan dan Panglima TNI. Namun terpaksa dijadwal ulang, karena beliau melakukan gladi bersih Hari Ulang Tahun TNI 5 Oktober,” terang Ketua Komisi I DPR, Abdul Kharis Almasyari, di Gedung Nusantara I, Jakarta, Senin (2/10/2017).

Menurutnya, pemanggilan Panglima TNI itu untuk diminta memberikan klarifikasi tentang apa yang telah diungkapkan dan tindakan BAIS TNI. Memang, pembelian senjata untuk kepentingan militer harus seijin pihak militer atau Menteri Pertahanan. Namun Abdul Kharis belum bisa memastikan apakah BAIS TNI memiliki kewenangan untuk mengecek spesifikasi senjata apa saja yang boleh masuk ke Indonesia.


“Saya belum tahu apakah BAIS memiliki kewenangan untuk mengecek spesifikasi senjata, saya belum baca UU yang mengaturnya secara rinci,” kata politisi Partai Keadilan Sejahtera tersebut. (rez)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites