Selasa, 03 Oktober 2017

Status Awas Gunung Agung Belum Ganggu Penerbangan


RADARMETROPOLIS: Bali - Kementerian Perhubungan menyatakan hingga saat ini penerbangan dari dan menuju Bali belum terdampak dengan kondisi Gunung Agung. Sebab gunung api yang terletak di Kabupaten Karangasem yang telah ditetapkan berstatus awas itu sampai saat ini masih belum mengeluarkan debu vulkanik.

"Selama status awas sekitar seminggu ini tidak ada rasa khawatir terhadap penerbangan selama tidak ada debu vulkanik," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso, di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Senin (2/10/2017).

Begitu juga ketika tingkat potensi debu vulkanik Gunung Agung dinaikkan menjadi orange oleh Vulcano Observatory Notice to Aviation (VONA), belum memiliki pengaruh bagi penerbangan di Bali yang masih normal.

Meski demikian selama status awas tersebut, pihaknya telah melakukan publikasi kepada para pilot dan pelaku penerbangan untuk ikut melaporkan apabila melihat adanya debu vulkanik.

Apabila menemukan pergerakan debu vulkanik, maka pilot dapat memberikan laporan kepada petugas di darat agar dapat diantisipasi. "Sampai saat ini tidak ada keluhan dan laporan pilot. Citra satelit juga belum ada laporan debu vulkanik," kata Agus.

Sebelumnya, Kemenhub telah mengambil langkah antisipasi meskipun belum ada debu vulkanik yang dilontarkan gunung setinggi 3.142 meter dari permukaan laut itu.

Antisipasi tersebut diantaranya adalah menggandeng Direktorat Jenderal Perhubungan Darat untuk menyediakan sekira 300 bus untuk mengangkut calon penumpang yang ingin memilih jalur darat apabila gunung api itu erupsi.

Sepuluh bandara juga telah disiapkan untuk mengantisipasi pengalihan penerbangan yakni untuk radius terdekat dari Bali, yakni Bandara Lombok, Bandara Blimbingsari (Banyuwangi) dan Bandara Djuanda (Surabaya).


Selain itu, radius kedua yakni Bandara Adi Sumarmo (Solo), Bandara Sultan Hasanuddin (Makassar), Bandara Pattimura (Ambon), Bandara Sepinggan (Balikpapan), Bandara El Tari (Kupang), Sam Ratulangi (Manado) dan Soekarno-Hatta (Tangerang). (yto)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites