Rabu, 06 September 2017

Jatim Launching e-Smart Samsat untuk Mudahkan Masyarakat Urus Pajak


RADARMETROPOLIS: Surabaya - Pemerintah provinsi Jatim bekerjasama dengan Polda Jatim melaunching e-smart Samsat. Hadirnya sistem layanan Samsat terintegrasi berbasis teknologi informasi (TI) dengan platform android bernama e-Smart Samsat ini akan memudahkan masyarakat dalam mengurus pajak kendaraan bermotor.

Melalui aplikasi e-Smart Samsat, masyarakat dapat mengurus pajak kendaraannya cukup melalui smartphone.

“Urusan kendaraan bermotor tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Karena itu, dengan hadirnya e-Smart Samsat, layanan samsat kini menjadi lebih mudah, cepat, transparan, dan modern,” kata Sekdaprov Jawa Timur Akhmad Sukardi usai melaunching e-Smart Samsat di Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jatim, Rabu (6/9/2017).

​Sukardi mengatakan salah satu kemudahan yang dihadirkan oleh e-Smart Samsat adalah fasilitas membayar pajak lewat smartphone. Dengan begitu maka masyarakat, khususnya wajib pajak, bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja. Sehingga dapat memangkas jarak, waktu, dan tenaga.

Aplikasi e-Smart Samsat merupakan inovasi terbaru dari Bapenda Jatim bekerjasama dengan Polda Jatim. Aplikasi tersebut melengkapi inovasi-inovasi terdahulu terkait pelayanan samsat yang selalu baru dimunculkan oleh Bapenda Provinsi Jatim dan Ditlantas Polda Jatim.

Sukardi menerangkan lebih lanjut bahwa di Jatim saat ini telah ada berbagai inovasi yang memudahkan wajib pajak melakukan pembayaran, mulai Samsat Drive Thru, Samsat Mobile, e-Samsat, Samsat Corner, Samsat Payment Point, Samsat Pembantu, dan ATM Samsat.

Dengan IT semua menjadi aman dan nyaman. Untuk itu TI harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik sesuai tuntutan masyarakat. Contohnya e-Smart Samsat. Untuk itu Sukardi berharap Jatim tetap terdepan dan menjadi guru bagi provinsi lain dan selalu lahir inovasi baru setiap tahun.

​Sementara itu, Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin menambahkan seiring perkembangan zaman teknologi benar-benar terbukti dan dimanfaatkan oleh seluruh pihak untuk mempermudah layanan dan menggaet konsumen. Karena itu, Polda Jatim juga terus menghadirkan inovasi TI demi meningkatkan pelayanan kepada masyrakat.

​“Sekarang kita cari hotel dan travel cukup via smartphone. Rekening juga di handphone. Tentara saja juga pakai teknologi untuk ukur tembakan. Jadi, teknologi harus benar-benar dimanfaatkan. Karena itu, kami selalu menghadirkan inovasi berbasis TI guna memudahkan masyarakat,” jelasnya.

​Di jajaran Polda Jatim berbagai inovasi TI telah dilahirkan. Machmud mencontohkan inovasi pelayanan pendaftaran SKCK secara online, kemudian panic button untuk mendapat bantuan polisi di seluruh Polres/ta se-Jatim, lalu ada inovasi dari Polres Magetan yang bisa memberikan peringatan jika masa berlaku SIM akan habis.
​Direktur Lalu Lintas Polda Jatim, Kombes Pol Ibnu Isticha ikut menjelaskan aplikasi e-Smart Samsat dapat diunduh secara gratis dari google playstore lewat smartphone berbasis Android. Seusai mengunduh, pengguna langsung dapat mengakses berbagai faslitas andalan dalam aplikasi tersebut.


Diantaranya, menu untuk mengecek jumlah pajak tahunan dan lima tahunan serta mutasi kendaraan hingga pajak progresif, perubahan -- ubah bentuk, ganti warna, ganti nopol, dan kepemilikan. Ada juga pendaftaran kendaran baru, mutasi masuk hingga pajak progresif. (sr)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites