Selasa, 05 September 2017

Menristek Targetkan Reakreditasi Kampus Harus Tuntas 2019


RADARMETROPOLIS: Surabaya - Menristekdikti Prof. M. Nasir menargetkan kebijakan reakreditasi kampus harus tuntas pada tahun 2019. Selain itu diinformasikan bahwa Kemenristekdikti juga menargetkan kampus yang masuk ke dalam daftar 500 ranking dunia bertambah.

“Kita targetkan semuanya selesai tahun 2019,” ujarnya ditemui di Surabaya, Senin (4/9/2017).

Nasir mengungkap saat ini ada sekitar 4.529 perguruan tinggi ada di Indonesia. Yang memiliki akreditasi A hanya 55 buah, akreditasi B 375 buah. Sedangkan akreditasi C jumlahnya 700-an. Sisanya belum terakreditasi.

Setidaknya ada 19 indikator yang harus dipenuhi kampus agar akreditasinya naik, seperti misalnya jumlah dosen, infrastruktur, dan kemahasiswaan.

Di sisi lain, Kemenristekdikti juga tengah menggenjot agar jumlah kampus yang masuk dalam daftar 500 universitas top dunia meningkat. Sebelumnya hanya ada tiga perguruan yaitu Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Gadjah Mada.

“Kita dorong agar Unair, ITS, Undip, dan IPB agar bisa masuk perangkingan yang sama,” ucapnya.


Salah satunya terkait pertukaran pelajar dan dosen asing. “Kami dorong terus agar Indonesia bersaing di dunia global,” pungkas menteri kelahiran Ngawi itu. (rie)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites